Penulis Utama : Imam Rochmadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh pertukaran pemimpin anggota terhadap kepuasaan kerja karyawan dengan locus of control sebagai variabel moderator (studi pada karyawan PTS di Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200061-2004
Subyek : MANAJEMEN SDM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dalam aspek yang nyata, aset yang paling penting dalam setiap organisasi adalah sumber daya manusia di mana aspek ini dapat membawa dampak yang signifikan dalam meningkatkan produktivitas organisasi jika dikelola dengan baik. Organisasi dituntut untuk memperhatikan aspek-aspek penting yang menjadi kepuasan kerja karyawannya. Dengan tingkat kepuasan kerja yang tinggi, para karyawan diharapkan dapat memberikan kontribusi terbaik dan maksimal bagi pencapaian tujuan organisasi.

            Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh tingkat Pertukaran Pemimpin-Anggota (LMX) terhadap kepuasan kerja karyawan PTS di Surakarta dengan Locus of Control sebagai variabel moderator. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut : 1) Pertukaran Pemimpin-Anggota berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PTS. 2) Locus of Control memperkuat pengaruh pertukaran pemimpin-anggota terhadap kepuasan kerja anggota secara signifikan.

            Penelitian ini mengambil populasi seluruh karyawan PTS Bidang Ilmu Ekonomi di kota Surakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proporsional insidental dari PTS-PTS bidang ilmu ekonomi. Sampel berjumlah 90 pasang yang terdiri dari 11 kepala bagian TU dan 90 karyawan dari populasi sebesar 168 karyawan.

            Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier berganda moderated regresion analysis (MRA) dan analysis of variance (ANOVA). Kriteria pengujian hipotesis menggunakan toleransi kesalahan (a) sebesar 0,05.

            Secara umum, kepuasan kerja karyawan PTS di Surakarta cukup tinggi yaitu sebesar 85,92. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa hasil penelitian mendukung pernyataan hipotesis (1) Pertukaran Pemimpin-Anggota berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Hasil yang ada menunjukkan bahwa pertukaran pemimpin-anggota berpengaruh secara positif, signifikan pada 0,000. Hasil analisis regresi dengan Moderated Regression Analysis menunjukkan hasil penelitian tidak mendukung hipotesis (2) Locus of Control memperkuat pengaruh pertukaran pemimpin-anggota terhadap Kepuasan Kerja. Penurunan F hitung sebesar 17,634 dari 30,461 menjadi 12,827 menunjukkan bahwa variabel LoC tidak dapat digunakan untuk memoderasi pengaruh variabel Pertukaran Pemimpin-Anggota terhadap kepuasan kerja.

            Dari hasil ini dapat disimpulkan variabel pertukaran pemimpin-anggota berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PTS di Surakarta. Dan variabel Locus of Control tidak terbukti memperkuat pengaruh variabel pengaruh pertukaran pemimpin-anggota terhadap kepuasan kerja.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis