Penulis Utama : Ifan Wahyu Ahmad Sofyar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis ability to pay (ATP) dan willingness to pay (WTP) penumpang taksi di wilayah Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik NIM.I0199093-2004
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Taksi sebagai salah satu bagian moda angkutan umum jalan raya telah lama dikenal oleh masyarakat khususnya di kota-kota besar. Ciri utama yang membedakan taksi dengan angkutan umum lainnya antara lain adalah masalah fleksibilitas rute, waktu tempuh yang lebih cepat, kenyamanan, dan keamanan yang lebih baik, privacy pengguna lebih terjamin, dan penerapan tarif yang lebih tinggi. Tarif dipengaruhi oleh produsen (operator) sebagai pihak penyelenggara akan menetapkan tarif setinggi-tingginya untuk mendapatkan pendapatan yang sebesar-besarnya, konsumen (penumpang) pada sisi yang lain, menginginkan tarif yang serendah-rendahnya dan mengharapkan pelayanan dan fasilitas sebaik-baiknya. Untuk menetapkan berbagai kebijakan publik yang berkaitan dengan tarif, harus melalui penelitian dan menyertakan masyarakat.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar kemampuan membayar konsumen (Ability to Pay/ATP) berdasarkan pendapatan yang dialokasikan untuk biaya transportasi khususnya taksi dan kesediaan konsumen (penumpang) untuk membayar tarif (Willingness to Pay/WTP) berdasarkan pada fasilitas yang dinikmatinya.

Data pada skripsi ini meliputi data primer diperoleh dari hasil kuisioner yang disebarkan kepada penumpang taksi, sedangkan data sekunder diperoleh dari Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) dan Organisasi Angkutan Darat (ORGANDA), Biro Pusat Statistik (BPS), dan sumber pendukung lainnya.

Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pada hari kerja, ATP tarif buka pintu dan tarif per kilometer lebih besar daripada WTP (Rp.3.113,22,- > Rp.2.756,76,- dan Rp.2.298,04,- < Rp.1.514,98,-), kondisi ini menunjukkan bahwa kemampuan membayar lebih besar daripada keinginan masyarakat untuk membayar jasa tersebut, sedangkan pada saat weekend, ATP tarif per kilometer lebih kecil daripada WTP (Rp.1.259,64,- < Rp.1.496,15,-), hal ini menunjukkan bahwa keinginan untuk membayar penumpang lebih besar daripada kemampuannya

Kata kunci : Ability to Pay (ATP), Willingness to Pay (WTP), Penumpang Taksi

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Ir. Arif Budiarto, MT
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik