Penulis Utama : S. Ajie Bayu Prasetyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Posisioning Biro Jasa Periklanan ( Studi Semiotika tentang Iklan-iklan Biro Jasa Periklanan di Majalah Cakram Komunikasi Tahun 2003-2004)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP UNS - 2004
Kolasi : xiv. 83 hal.
Sumber : UNS-FISIP NIM.D0299084-2004
Subyek : IKLAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Konsumen atau calon konsumen dipaksa menerima informasi di luar batas kemampuan untuk menyimpan atau meningatnya. Jutaan pesan tentang perusahaan, merk, produk, tempat, nama orang, konsep, satuan dan sebagainya masuk ke ingatan audience. Begitu jenuh pikiran manusia sehingga ia tidak dapat lagi melakukan seleksi secara rasional. Akhirnya dipikran manusia, nama-nama itu disederhanakan, disusun menurut tangga-tangga. Anak tangga teratas dipersepsikan sebagai yang paling bermutu, anak tangga kedua untuk merk yang kedua dan seterusnya. Dengan hal ini, maka iklan harus bisa mengkomunikasikan sebuah produk agar menempati tangga teratas dalam benak calon konsumennya. Dengan fenomena seperti ini, maka iklan sebagai media pengenalan barang dan jasa kepada khalayak harus melakukan strategi posisioning. Posisioning merupakan suatu proses atau upaya untuk menempatkan suatu merk, produk, perusahaan, individu, atau apa saja dalam alam pikiran mereka yang dianggap sebagai sasaran atau konsumennya.

Iklan dari biro jasa periklanan mempunyai nilai penting yang harus diperhatikan oleh pihak biro jasa periklanan dalam menerapkan strategi posisioning, yaitu bahwa iklan tersebut mempunyai fungsi mengenalkan profile sebuah biro jasa periklanan  dan sebagai tolok ukur penilaian tingkat kualitas tim kreatif yang bekerja didalamnya. Ketika tim kreatif dari biro jasa periklanan yang berhasil membuat strategi posisioning yang tepat untuk diri mereka sendiri, akan menarik minat calon clien atau calon konsumen untuk bekerja sama dengannya.

Dalam penelitian ini digunakan analisi semiotik untuk meneliti makna pesan dibalik iklan-iklan dari biro jasa periklanan. Hal ini dilakukan karena strategi posisioning menuntut penggunaan simbol-simbol untuk mewakili citra dari sebuah merk. Untuk mengetahui bentuk strategi posisioning yang digunakan oleh biro jasa periklanan dalam mengenalkan dirinya sendiri, maka iklan-iklan tersebut akan dianalisis secara denotasi dan konotasi atas elemen-elemen penyusun iklannya.

xiv

Iklan-iklan biro jasa periklanan merupakan iklan yang tampil dengan simbol-simbol yang kuat. Titik utama penyimbolan diletakkan pada gambar sebagai ilustrasi iklannya. Kekuatan simbol ini tidak terletak pada tampilan visualnya, tapi lebih pada efektifitas penyampaian pesan-pesan yang termuat di dalammnya. Matari melambangkan kehebatan mereka, yang dapat mengenalkan sebuah produk ke tengah masyarakat dan produk tersebut akan tetap diingat dalam jangka waktu lama, dengan simbol sinar matahari. Advindo menyampaikan kepada calon konsumennya, sebagai sebuah biro jasa periklanan yang dapat membuat iklan-iklan dengan konsep sederhana tapi tepat sasaran baik segemen pasarnya maupun karateristik produk tersebut dipasaran, dengan simbol ketapel beserta tiga jenis pelurunya yang berbeda-beda. MACS 909 melambangkan kehebatan strategi beriklan mereka yang dapat melumpuhkan pesaing-pesaing produk yang diiklankannya, tapi tetap dengan memegang teguh kode etik periklanan, dengan simbol tangan bersarung tinju. Lowe dalam iklannya menyampaikan karakteristik mereka sebagai biro jasa periklanan yang dapat membuat sebuah merk tetap dapat bertahan dipasaran. Kuat bertahan dalam mengatasi segala kondisi pasar yang tidak menentu. Karakteristik ini di simbolkan dengan pil Viagra.

Dalam bagian penutup, diharapkan ada pendalaman konsep dalam menerapkan strategi positioning. Efektifitas iklan sangat dipengaruhi oleh pendalaman biro iklan dalam proses brainstroming terhadap karakter produk yang akan diiklankan serta saasaran dari produk tersebut.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Alex Ibnu Muridjal, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP