Penulis Utama : Lilis Dwi Setyoningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Penggunaan alat promosi pada perusahaan jamu PT. Air Mancur di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3200033-2004
Subyek : IKLAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dewasa ini persaingan antar perusahaan jamu di Indonesia semakin tajam. Hal ini mendorong PT Air Mancur Surakarta melaksanakan kegiatan promosi. Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau orang kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Kegiatan promosi mempunyai peranan yang sangat penting di dalam perusahaan. Adanya promosi, perusahaan dapat menyampaikan informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan produk usahanya, baik mengenai kualitas, harga, merk dan informasi lainnya kepada konsumen agar tertarik untuk membelinya dan mengkonsumsinya. Alat-alat yang digunakan dalam kegiatan promosi ini terdiri dari: periklanan, personal selling, promosi penjualan dan publisitas.

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui alat promosi yang digunakan oleh PT Air Mancur dan bagaimana penggunaan alat promosi tersebut. Peneliti berharap hasil penelitian ini akan berguna sebagai masukan  bagi PT Air Mancur mengenai pelaksanaan kegiatan pemasaran, khususnya dalam melaksanakan program promosi. Metodologi yang digunakan dalam pengumplan data adalah observasi, wawancara, studi pustaka yang berupa data kualitatif dan data kuantitatif, sedangkan teknik penganalisaan data secara diskriptif.

Dari hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: PT Air Mancur menggunakan alat promosi periklanan, personal selling, promosi penjualan dan publisitas. Dari keempat alat promosi tersebut yang paling banyak digunakan adalah periklanan. Media-media yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan periklanan meliputi: Televisi, radio, surat kabar, majalah, papan reklame, brosur, spanduk, kartu nama, sponsorship dan internet. Media yang digunakan dalam promosi penjualan adalah pemberian hadiah, pameran dan peragaan. Personal selling menggunakan media trade promo dan consumer promo, sedangkan publisitas menggunakan media seminar dan publikasi di media cetak. PT Air Mancur  bekerjasama dengan beberapa pihak antara lain: Biro periklanan, rumah produksi dan pemerintah. Besarnya kenaikan biaya promosi tahun 2001 sebesar 10,00 %,  dan volume penjualan naik sebesar 4,00 %, sedangkan biaya promosi tahun 2002 juga naik sebesar 10,00 %, dengan kenaikkan volume penjualan sebesar 4,30 %. Dilihat dari angka-angka ini, pelaksanaan promosi PT Jmu Air Mncur cukup efektif.

Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan, peneliti memberikan saran-saran sebagai berikut: Pemilihan media promosi sebaiknya lebih divariasikan dan dikomunikasikan secara tepat agar volume penjualan meningkat. Misalnya pemberian brosur dan produk baru Air Mancur secara gratis di supermarket atau swalayan yang menjual produknya. Perusahaan sebaiknya juga  mengoptimalkan alat personal selling, promosi penjualan dan publisitas agar kegiatan promosi dapat lebih maksimal dan berhasil. Perusahaan harus dapat menjaga kualitas produknya dan mempertahankan citra baik yang telah diraih selama ini. Sebaiknya penggunaan artis atau selebritis dalam media iklan di televisi dilaksanakan secara kontinue agar konsumen tertarik dan mau membeli produk Air Mancur. PT Air Mancur harus dapat mempertahankan kerjasama yang baik dengan pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan promosi.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis