Penulis Utama : Monicha Dwijayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis strategi bisnis pada perusahaan bersertifikat ISO 9000 dan perusahaan non ISO 9000
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0301044-2004
Subyek : BISNIS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Persaingan global telah mendorong banyak perusahaan untuk mengadopsi strategi bisnis terbaik dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan meningkatkan kualitas produk dan proses. Sertifikasi ISO 9000 dapat mencerminkan usaha perusahaan dalam menerapkan strategi bisnis berdasar kualitas.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan strategi bisnis antara perusahaan manufaktur bersertifikat ISO 9000 dan non-ISO 9000 di Indonesia. Data primer dalam penelitian ini terdiri dari 84 perusahaan sampel yang terdiri dari 54 perusahaan bersertifikat ISO 9000 dan 30 perusahaan non-ISO 9000 yang didapatkan melalui pengiriman kuesioner.

Sehubungan dengan masalah tersebut diajukan hipotesis nol pertama yaitu: tidak terdapat perbedaan strategi bisnis antara perusahaan bersertifikat ISO 9000 dan non-ISO 9000. Peneliti juga mempertimbangkan ukuran perusahaan dalam penelitian ini. Perusahaan sampel dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan median jumlah karyawan, yaitu perusahaan yang berukuran besar dan kecil. Setelah dilakukan pengelompokkan sampel menjadi sub sampel, diajukan hipotesis nol kedua yaitu: tidak terdapat perbedaan strategi bisnis antara perusahaan bersertifikat ISO 9000 dan non-ISO 9000 yang berukuran besar dan kecil.

Analisis data dilakukan dengan menggunakan independent sample t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa hipotesis nol pertama diterima atau tidak terdapat perbedaan strategi bisnis yang signifikan antara perusahaan bersertifikat ISO 9000 dan non-ISO 9000. Hasil yang sama juga diperoleh hasil pada pengujian hipotesis nol kedua, yaitu tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada strategi bisnis antara perusahaan bersertifikat ISO 9000 dan non-ISO 9000 yang berukuran besar dan kecil.

Keywords: ISO 9000, strategi bisnis.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis