Penulis Utama : Kristanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Saluran distribusi tapioka PT Tainesia Jaya di desa Sonoharjo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3200124-2003
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Saluran distribusi adalah jalur yang dipakai untuk perpindahan barang dari produsen ke konsumen akhir atau pemakai. Distribusi dalam perusahaan akan berpengaruh pada cepat atau tidaknya suatu produk sampai ditangan konsumen. Keterlambatan atau kesalahan yang terjadi pada proses distribusi akan dapat mengganggu operasi perusahaan secara keseluruhan.

Saluran distribusi yang dilaksanakan secara efisien dan efektif sangat diperlukan dalam upaya mencapai kondisi suatu perusahaan yang sehat karena distribusi merupakan kegiatan yang biasanya memerlukan pengarahan sumber daya dalam jumlah besar. Untuk menjamin agar distribusi suatu produk berjalan sesuai dengan rencana dan lancar, maka suatu perusahaan harus menerapkan suatu saluran distribusi yang tepat.

Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai saluran distribusi yang digunakan oleh PT. Tainesia Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan studi pustaka dan wawancara pada pihak yang terkait.

Saluran distribusi merupakan bagian dari strategi pemasaran. Suatu perusahaan ada yang menyalurkan hasil produksinya kepada konsumen tanpa melalui perantara pemasaran atau yang disebut saluran distribusi langsung, tetapi ada juga perusahaan yang dalam mendistribusikan produknya meminya bantuan dari jasa parantara pemasaran atau yang disebut saluran distribusi tidak langsung. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan suatu perusahaan menggunakan kedua saluran tersebut dalam pemasaran hasil produksinya. Keputusan dalam penggunaan saluran distribusi tergantung dari kebijaksanaan perusahaan, sehingga akan mendorong kelancaran proses pendistribusian produk sehingga sampai ke konsumen akhir.

Dari hasil penelitian penilis dapat diambil kesimpulan bahwa PT. Tainesia Jaya dalam penyaluran hasil produksinya menggunakan saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung. Dalam hal ini tergantung siapa yang menjadi konsumen akhir nantinya. Jika konsumen akhir yang dituju adalah pengusaha besar yang membutuhkan tapioka dalam jumlah yang besar untuk bahan baku pengolahan suatu produk, maka perusahaan akan menggunakan saluran distribusi langsung karena konsumen dapat dijangkau dengan mudah oleh produsen. Akan tetapi jika konsumen akhirnya adalah rumah tangga, maka pihak perusahaan akan menggunakan saluran distribusi tidak langsung dengan bantuan jasa perantara pemasaran karena konsumen akhir tidak dapat dijangkau langsung oleh perusahaan.

Sedangkan perbandingan prosentase antara saluran distribusi langsung dengan saluran distribusi tidak langsung dalam penjualan total tapioka pada tahun 2001 yaitu untuk saluran distribusi tidak langsung sebesar 47.44% dari total penjualan, sedangkan untuk saluran distribusi langsungnya sebesar 52.56%. Prosentase penjualan pada tahun 2002 untuk saluran distribusi tidak langsung sebesar 16.53% dan untuk saluran distribusi langsung sebesar 83.47%. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa penjualan tapioka dari tahun 2001 sampai dengan tahun 2002 semakin menurun. Hal ini disebabkan karena PT. Tainesia Jaya selain memproduksi tapioka juga memproduksi glukosa yang berbahan dasar tapioka. Jadi hasil produksi singkong tidak seluruhnya dijual dalam bentuk tapioka, melainkan sebagaian besar diolah kembali menjadi glukosa.

Rekomendasi yang dapat penulis berikan adalah agar sistem saluran distribusi yang digunakan benar-benar berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan perusahaan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis