Penulis Utama : Ira Retnoningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis tingkat kepuasaan penumpang Po. Sedya Mulya jurusan wonogiri-jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3200026-2003
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian yang dilakukan oleh penulis dilatarbelakangi karena dewasa ini transportasi semakin mempunyai peranan yang sangat penting dalam berbagai aktivitas kehidupan,salah satunya adalah aktivitas ekonomi. Semakin banyaknya pilihan sarana transportasi yang disediakan oleh pihak pemerintah ataupun swasta baik di darat, udara, laut menuntut mereka untuk bersaing dalam hal kualitas pelayanan jasa yang diberikan, karena hal ini akan berpengaruh terhadap konsumen dalam menentukan jasa transportasi yang akan digunakan, serta berpengaruh terhadap kepuasan yang akan mereka dapatkan setelah memakai jasa tersebut.Salah satunya adalah persaingan antar Perusahaan Otobis, khususnya Perusahaan Otobis di Wonogiri, dimana PO. Sedya Mulya termasuk didalamnya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan jasa pada PO. Sedya Mulya untuk jurusan Wonogiri-Jakarta, apakah sudah dapat memuaskan penumpangnya atau belum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei.Kuesioner dan wawancara dipakai sebagai alat bantu dalam pengumpulan data. Populasi yang diambil adalah seluruh penumpang yang menggunakan jasa PO. Sedya Mulya jurusan Wonogiri-Jakarta. Besarnya sampel adalah 100 orang penumpang dengan teknik pengambilan sampel convenience.

Kualitas pelayanan jasa PO. Sedya Mulya diukur berdasarkan 5 determinan jasa yang meliputi Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangibles. Berdasarkan kelima determinan kualitas jasa tersebut penumpang dapat memberikan penilaian mereka yang tertuang dalam item-item pertanyaan di kuesioner berdasarkan ukuran kepentingan dan ukuran kinerja. Pengukuran tingkat kepuasan tersebut mengacu pada Importance-Performance Analysis, dimana tingkat kepuasan diukur dari perbandingan tingkat kepentingan responden dengan penilaian responden terhadap kinerja perusahaan. Dari hasil penilaian tersebut dapat diketahui sejauh mana kualitas pelayanan jasa PO. Sedya Mulya apakah sudah dapat memenuhi kepuasan pelanggan atau belum. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat mengetahui bahwa keseluruhan pelayanan jasa yang diberikan PO. Sedya Mulya adalah baik. Hal ini dapat diketahui dari keseluruhan penilaian responden atas semua item-item pertanyaan dalam kuesioner yang menunjukkan bahwa pelayanan jasa yang diberikan sudah mendekati harapan para penumpang.

Dari hasil penelitian penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa keseluruhan pelayanan jasa yang diberikan PO. Sedya Mulya kepada penumpang sudah dapat memenuhi harapan penumpang, yang berarti dengan terpenuhinya harapan penumpang maka secara otomatis kepuasan penumpangpun tercapai.

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Sinto Sunarya, SE. Msi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis