Penulis Utama : Mohammad Khoirul Huda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis penerimaan pajak daerah dalam pelaksanaan otonomi daerah kota surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3400042-2003
Subyek : PAJAK DAERAH
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Sesuai dengan berlakunya Undang-undang No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-undang No. 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah. Maka Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dilakukan dengan memberikan kewenangan yang lebih luas, nyata dan bertanggung jawab kepada daerah. Sehingga dalam penyelenggaraan otonomi daerah, dipandang perlu menekankan prinsip-prinsip demokrasi, peran serta masyarakat, pemerataan dan keadilan, dan akuntabilitas serta memperhatikan potensi dan keanekaragaman daerah.

Untuk mengetahui apakah suatu daerah otonomi itu mampu mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri ada beberapa aspek untuk mengukurnya, antara lain: kemampuan struktur organisasi pemerintahan daerah, kemampuan aparatur pemerintahan daerah, kemampuan mendorong partisipasi masyarakat dan kemampuan keuangan daerah yang merupakan pembiayaan dari ketiga aspek sebelumnya. Sehingga kemampuan keuangan merupakan isu sentral dalam menunjang keberhasilan pelaksanaan otonomi daerah terutama kemampuan keuangan yang berasal dari pendapatan asli daerah.

Penulisan Tugas akhir ini adalah menganalisis penerimaan pajak daerah Surakarta yang merupakan bagian dari pendapatan asli daerah Surakarta. Dengan menggunakan analisis kuantitatif maka penulis akan menghitung besarnya kontribusi PAD terhadap APBD pendapatan, kontribusi pajak daerah terhadap PAD dan kontribusi masing-masing jenis pajak daerah terhadap pendapatan pajak daerah serta mencari prospektivitas masing-masing jenis pajak daerah.

Dari hasil penelitian di Dinas Pendapatan Daerah Kota Surakarta, maka penulis mengambil kesimpulan bahwa Pendapatan Asli Kota Surakarta lebih besar dibanding dengan pendapatan non-aslinya. Dalam PAD Kota Surakarta kontribusi terbesar berasal dari pendapatan retribusi Daerah, baru kemudian oleh pajak Daerah. Prospektivitas masing-masing jenis pajak daerah Kota Surakarta cukup baik, karena dilihat dari trend-nya yang menunjukkan kecenderungan yang positif (meningkat). Dari hasil ini maka dapat diketahui bahwa kualitas otonomi Kota Surakarta cukup baik terutama kemandirian dalam bidang keuangan daerahnya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis