Penulis Utama : Agus Purwanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis kinerja keuangan PT. Bank PAN Indonesia Tbk. dengan rasio perbankan tahun 1997-2001
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F330006-2003
Subyek : MANAJEMEN KEUANGAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

PT. Bank Pan Indonesia Tbk. merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan yang bergerak di bidang jasa perbankan. PT. Bank Pan Indonesia Tbk. merupakan penggabungan tiga bank pribadi yaitu PT. Bank Industri dan Dagang Indonesia, PT. Bank Kemakmuran dan PT . Bank Industri Djaja Indonesia yang mempunyai kepentingan yang sama. Dari sekian banyak perusahaan perbankan, PT. Bank Pan Indonesia Tbk. adalah salah satu perusahaan yang Go Public karena sahamnya telah beredar di BEJ maupun di BES.

Obyek analisis kinerja keuangan ini adalah PT. Bank Pan Indonesia Tbk. Penulis tertarik menganalisis kinerja PT. Bank Pan Indonesia Tbk. karena merupakan salah satu perusahaan perbankan yang Go Public tetapi belum begitu terkenal seperti bank-bank lain dan untuk mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan laporan keuangan PT. Bank Pan Indonesia Tbk.. Disini penulis menggunakan data sekunder yang diambil dari berbagai sumber. Untuk menilai kinerja perusahaan jasa perbankan dan tingkat kesehatan bank menurut Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia Nomor. 30/11/KEP/DIR tentang Tata Cara Penilaian Tingkat Kesehatan Bank maka digunakan beberapa rasio perbankan. Rasio itu antara lain Rasio Permodalan, Rasio Kualitas Aktiva Produktif, Rasio Rentabilitas, dan Rasio Likuiditas .

Hasil dari analisis kinerja keuangan dan penilaian tingkat kesehatan PT. Bank Pan Indonesia Tbk. meliputi : (1) Tingkat permodalan PT. Bank Pan Indonesia Tbk. dinilai “Sehat” karena rasionya diatas 8 % menurut ketentuan Bank Indonesia, (2) Tingkat kualitas aktiva produktif PT. Bank Pan Indonesia Tbk. dinilai “Kurang Sehat” karena dibawah ketentuan Bank Indonesia yaitu untuk RAPB lebih dari 15,5 % dan NPL lebih dari 5 %, (3) Tingkat rentabilitas PT. Bank Pan Indonesia Tbk. dinilai “Sehat” menurut ketentuan Bank Indonesia karena di atas rasio rata-rata yaitu untuk Net Profit Margin di atas 0 % dan Operating Expense to Operating Income Ratio kurang dari 100 %., dan (4) Tingkat likuiditas PT. Bank Pan Indonesia Tbk. dinilai “Kurang Sehat” karena dibwah ketentuan Bank Indonesia yaitu untuk Cash Ratio kurang dari 100 % dan LDR Kurang dari 70 % dan atau lebih dari 110 %.

Berdasarkan kesimpulan di atas penulis memberikan saran agar PT. Bank Pan Indonesia Tbk. lebih memperhatikan dan mematuhi setiap peraturan dan ketentuan Bank Indonesia sehingga dapat lebih meningkatkan kinerja keuangannya dan dapat dinilai dalam kategori “Sehat”.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis