Penulis Utama : Yunita Indariyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Strategi bauran pemasaran usaha dagang karya jaya di bulak rejo sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3200060-2003
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dalam penelitian ini penulis ingin mengatahui kemapuan usaha dagang karya dagang dalam kaitannya dengan strategi bauran pemasaran dalam usahanya untuk memenagkan pasar maupun menghadapi persaingan.

Pada dasarnya setiap pengusaha menginginkan uasahanya bisa berjalan dengan lancar, memperoleh keuntungan, maupun mendapatkan apa yang menjadi tujuannya. Namun hal tersebut bukanlah suatu hal yang mudah untuk diraih, diperlukan kerja keras dari pemilik dalam pengelolaannya, dimana dunia usaha merupakan lingkungan yang dinamis, lingkungan yang mudah berubah setiap saat. Saat ini perkembangan perekonomian dunia menuju kearah globalisasi, sebuah era yang menginginkan keterbukaan, kebebasan dalam melakukan bisnis. Hal ini akan berdampak pada persaingan bisnis yang semakin ketat, perubahan tehnologi, semakin banyak produk jasa yang ditawarkan, serta tuntutan kebutuhan pelanggan yang semakin rasional. Keadaan ini merupakan suatu hal yang perlu disikapi agar nantinya tidak menjadi sebuah ancaman namun perubahan tersebut akan menjadi peluang usha bagi perusahaan.

Perubahan tersebut merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh para pengusaha dan mereka mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi paling tidak para pemilik usaha berupaya mengetahui kondisi perusahaan. Seperti kekuatan yang dimiliki, kelemahan yangb ada pada usahanya dan juga harus mengetahui atau memahami lingkungan perusahaan agar paling tidak perusahaan mampu untuk bertahan dan kemudian mempersiapkan tindakan lebih lanjut dengan adanya perubahan iklim di dunia usaha.

Jika dilihat dari segi keilmuan sebuah perusahaan jika menginginkan usahanya bisa berjalan dengan lancar maka perusahaan tersebut harus melakukan perencanaan, pengelolaan, pengendalian maupun pengawasan dengan baik, dan juga perusahaan harus menjalankan sebuah strategi harus dapat bertahan dan bersaing pada lingkungan kompetitif.

Adapun beberapa strategi yang ditempuh oleh UD Karya Jaya menyangkut bauran pemasarannya, yaitu dalam hal harga produk, menentukan harga dengan produk pesaing, alternatif ini ditempuh untuk barang-barang yang permintaanya sedang dalam arti barang tersebut tidak sering dicari konsumen; menentukan harga dibawah produk pesaing, alternatif ini ditempuh untuk barang-barang yang bermerek atau yang sering dibutuhkan konsumen; menetukan harga diatas produk pesaing dengan mutu serta manfaat lebih dari produk pesaing, alternatif ini ditempuh untuk barang-barang yang sukar dicari/dimana pesaing belum menyediakan produk tersebut; penetapan harga berorientasi pada biaya, khususnya pada biaya saluran distribusi. Strategi distribusi, menggunakan penyalur yang ada, perusahaan ingin mempertahankan penggunaan penyalur yang ada; perusahaan sebagai agen perantara, ini ditempuh bila konsumen mengadakan pembelian barang dalam jumlah atau skala besar. Promosi, untuk saat ini pihak UD Karya Jaya memberikan bonus, memberikan kompensasi kepada konsumen potensial (pemborong/mandor) supaya terjalin hubungan baik di kemudian hari.

Sebenarnya ada beberapa peluang-peluang bagi perusahan yang perlu diperhatikan, salah satunya untuk memperluas pasar UD Karya Jaya dapat melobi ke proyek-proyek dengan maksud menjadi suplier bahan bangunan. Begitu juga UD Karya Jaya juga bisa buka hari libur sehingga terbuka peluang untuk melayani konsumen yang sedang melalukan pembangunan pada hari-hari itu/mendadak.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Heru Agustanto, SE. ME
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis