Penulis Utama : Catur Suraningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Praktek penjualan mobil dan motor pada UD. Sabar Motor Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3200097-2003
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penjualan merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan kelangsungan hidup perusahaan. Pada perusahaan manufaktur, penjualan merupakan salah satu kegiatan pokok yang harus dilaksanakna untuk mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan. Supaya penjulan dapat berlangsung dengan baik, maka perusahaan harus mampu menentukan proses penjulan yang mudah untuk diikuti oleh konsumen. Proses penjualan yang mudah dapat menarik konsumen untuk melakukan pembelian.

Setiap kegiatan pastilah terdapat halangan yang harus dihadapi. Begitu juga dengan perusahaan yang melakukan penjualan. Jika perusahaan berharap untuk meningkatkan volume penjualannya, maka perusahaan harus mengetahui permasalahan yang menghambatnya dan berusaha untuk menanggulanginya guna mewujudkan tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.

Penelitian ini dilakukan di dealer UD. Sabar Motor yang berada di jalan Rajiman No. 408-410 Surakarta. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan cara wawancara dengan bagian pemasaran dan karyawan yang berwenang pada perusahaan, sedangkan data sekunder diperoleh dari mempelajari data dari buku pendukung dan dan data yang berasal dari peneliti lain yang mengambil objek penelitian pada UD. Sabar Motor Surakarta. Tehnik penganalisaan data berupa analisis diskriptif, yaitu penganalisaan data berupa analisis atau deskripsi yang benar dan terpercaya sehubungan dengan variabel yang diteliti atau dari subjek penelitian. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini berupa proses penjualan, dimana penulis membatasi masalah pada penjualan tunai, kredit dan tukar tambah.

Pada proses penjualan tunai, konsumen bisa langsung mendapatkan kendaraan bermotor yang diinginkan beserta dengan surat-surat sebagai bukti kepemilikan setelah ia membayar lunas harga yang telah disepakati. Jika konsumen menghendaki pembelian dengan cara kredit maka konsumen harus membayar uang muka sebesar 50% dari harga pembeliannya. Selanjutnya angsuran dibayar setiap bulan selama jangka waktu 24 bulan dengan membebani bunga angsuran sebesar 3%. Harga yang ditetapkan tidak berupa harga mati, sehingga masih dimungkinkan adanya perubahan harga dengan cara tawar menawar.

Dalam penjualan kredit UD. Sabar Motor dapat mengambil keuntungan yang berupa peningkatan pertumbuhan pasar dengan menarik konsumen yang tidak mampu membeli secara tunai. Diantara penjualan tunai dan kredit, terdapat pula penjualan dengan tukar tambah. Konsumen yang akan melakukan pembelian dengan car tukar tambah harus menyerahkan kendaraan yang akan ditukarkannya dengan No. Pol. “AD” yang artinya nomor kendaraan yang menunjukkan wilayah eks Karisidenan Surakarta. Masalah yang dihadapi oleh UD. Sabar Motor dalam proses penjualan ini berupa piutang tak tertagih. Piutang tak tertagih rawan terjadi pada angsuran ke 21 hingga angsuran yang terakhir atau ke 24.

Seorang yang akan melakukan pembelian kredit pada UD. Sabar Motor Surakarta diharuskan melakukan perjanjian. Tidak adanya aktiva yang dijadikan jaminan memudahkan adanya konsumen yang tidak melunasi angsuran dan membawa lari kendaraan yang dibelinya. Oleh karena itu sebaiknyaUD. Sabar Motor menetapkan adanya aktiva yang bisa dijadikanjaminan bagi keamanan kredit. Untuk mengurngi resiko piutang tak tetagih yang dapat merugikan perusahaan , Sebaiknya UD. Sabar Motor menambah keketatan dalam melakukan penagihan khususnya menginjak angsuran ke 21 samapai dengan angsuran yang terakhir.

Hingga saat ini dealer UD. Sabar Motor hanya menjual kendaraan dalam keadaan bekas pakai saja, sehingga untuk bersaing dengan dealer lainnya diperlukan adanya diversifikasi dengan menambah barang dagangannya dengan menjual kendaraan yang masih baru. Dengan perubahan-perubahan tersebut diharapkan usah UD. Sabar Motor makin berkembang sehingga dapat menghasilkan laba perusahaan yang lebih besar.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis