Penulis Utama : Fauziah Susilowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan masyarakat beransuransi di ansuransi syariah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F 0199037-2003
Subyek : ASURANSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari variabel pendapatan (PDPT), pendidikan (PDDK), jumlah tanggungan (JT) dan persepsi masyarakat terhadap asuransi syariah (PERSP) terhadap probabilitas pilihan masyarakat berasuransi di asuransi syariah.

Obyek dari penelitian ini adalah masyarakat di Surakarta yang menjadi pemegang polis baik di asuransi konvensional maupun asuransi syariah (dalam penelitian ini PT. Asuransi Takaful Keluarga). Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling yaitu sebuah sampel yang diambil sedemikian rupa sehingga setiap unit penelitian dari populasi punya kesempata yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Besarnya sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 80 responden. Pengumpulan data mengenai variabel penelitian digunakan instrumen kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan model logit (logistic regression).

Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel pendapatan (PDPT), jumlah tanggungan (JT) dan persepsi masyarakat terhadap asuransi syariah (PERSP) berpengaruh terhadap probabilitas pilihan masyarakat berasuransi di asuransi syariah. Sedangkan variabel independen yang tidak signifikan pada taraf 5% mempengaruhi pilihan masyarakat berasuransi di asuransi syariah dalam penelitian ini adalah variabel pendidikan (PDDK). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan pendidikan pada kenyataannya tidak memberikan pengaruh terhadap pilihan masyarakat berasuransi di asuransi syariah, di mana dalam memutuskan pilihannya untuk berasuransi di asuransi syariah sebagian besar responden dilakukan lebih didasarkan pada persepsinya terhadap asuransi syariah. Uji LRI yang dihasilkan dalam model sebesar 0,5813 berarti 58,13 % dari variasi yang terjadi pada probabilitas pilihan masyarakat berasuransi di asuransi syariah dapat dijelaskan oleh variasi variabel pendapatan (PDPT), pendidikan (PDDK), jumlah tanggungan (JT) dan persepsi masyarakat terhadap asuransi syariah (PERSP).

Berdasarkan hasil analisis tersebut maka diajukan saran yaitu adanya sosialisasi tentang kelembagaan asuransi syariah kepada masyarakat dengan menggunakan berbagai media, selanjutnya dalam upaya menarik minat masyarakat untuk berasuransi di asuransi syariah maka asuransi syariah dapat memberikan bagi hasil yang lebih besar kepada nasabahnya, serta diperlukan pula suatu upaya peningkatan pengetahuan masyarakat tentang masalah keagamaan khususnya tentang kaitannya dengan riba.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyu Agung Setyo
2. Drs. Akhmad Daerobi, MS
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis