Penulis Utama : Sardi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Perencanaan pajak sebagai salah satu upaya meminimalkan beban pajak (survei perusahaan-perusahaan tekstil di eks karesidenan surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1299047-2003
Subyek : PAJAK DAN PERPAJAKAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persepsi Wajib Pajak Pengusaha Tekstil di Wilayah Eks Karesidenan Surakarta terhadap penerapan perencanaan pajak sebagai salah satu alternatif untuk meminimalkan beban pajak serta hambatan-hambatan yang dihadapinya. Penelitian ini dilakukan pada populasi Wajib Pajak pengusaha tekstil di Wilayah Eks Karesidenan Surakarta dengan mengambil sampel sebanyak 50 ( lima puluh ) Wajib Pajak.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survai, dimana data yang dikumpulkan dari hasil survai dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat pemahaman Wajib Pajak Pengusaha Tekstil terhadap kewajiban perpajakan termasuk klasifikasi sedang dan tingkat persepsi Wajib Pajak terhadap penerapan perencanaan pajak juga termasuk klasifikasi sedang, hal ini terlihat dari skor total 1.236.

Hambatan atau kendala utama yang berasal dari Kantor Pelayanan Pajak adalah para petugas pajak kurang komunikatif dan kurang bersahabat serta tidak maksimal dalam memberikan pelayanan yang dibutuhkan Wajib Pajak, hal ini disetujui oleh sebanyak 65,21% responden. Hambatan yang berasal dari dalam perusahaan sendiri yang paling besar adalah perusahaan kesulitan mendapatkan jasa konsultan pajak yang terpercaya dan mampu membuat perencanaan pajak dengan baik, hal ini disetujui oleh 48,28% responden.

Untuk mengurangi hambatan-hambatan tersebut perlu diambil langkah-langkah antisipasi, baik dari pihak Wajib Pajak sendiri maupun dari pihak Kantor Pelayanan Pajak, agar tercapai kemudahan dan efisiensi dalam menjalankan hak dan kewajiban perpajakan, diantaranya yang bisa dilakukan oleh para Wajib Pajak adalah dengan selalu aktif mendalami informasi perkembangan peraturan-peraturan yang berlaku, sedangkan dari para aparat pajak adalah dengan melakukan penyebaran informasi perpajakan yang cepat dan akurat dengan berbagai sarana yang ada, anatara lain penyuluhan secara langsung kepada Wajib Pajak, menerbitkan buku atau brosur yang berisi peratura-peraturan pajak, pemanfaatan media internet.

 

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoko Purwanto MBA
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis