Penulis Utama : Lilis Susanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis optimalisasi product mix dalam usaha pencapaian laba maksimum pada perusahaan kasur sugiono pekalongan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0299074-2003
Subyek : MANAJEMEN PRODUKSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Perusahaan yang memproduksi lebih dari satu jenis barang, harus menentukan jumlah produksi masing-masing produk atau kombinasi diantara produk tersebut. Karena, selain disebabkan adanya keterbatasan sumber daya yang dimilik, juga karena masing-masing produk akan mendatangkan laba yang berbeda-beda bagi perusahaan. Agar kombinasi produk (product mix) bisa optimal, maka harus memperhatikan factor-faktor yang mempengaruhi, yaitu sumber daya yang dimiliki dan permintaan yang ada.

Perumusan masalah yang diambil adalah bila didasarkan pada faktor produksi yang dimiliki serta permintaan yang ada, apakah jumlah dan kombinasi product mix yang diproduksi oleh perusahaan kasur “Sugiono” sudah optimal, serta apakah keuntungan yang didapat sudah maksimal.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bila didasarkan pada faktor produksi yang dimiliki serta permintaan yang ada, apakah jumlah dan kombinasi product mix yang diproduksi oleh perusahaan kasur “Sugiono” sudah optimal, serta apakah keuntungan yang didapat sudah maksimal.

Sejalan dengan masalah yang ada, maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode analisis linear programming metode simplex, karena dengan metode ini akan diperoleh kombinasi produksi optimal yang dapat menghasilkan laba maksimal.

Hasil analisis menunjukkan bahwa kombinasi produk yang dihasilkan pada tahun 2002 tidak sama dengan perhitungan kombinasi produk yang optimal pada tahun 2002, sehingga keuntungan aktual yang didapat pada tahun 2002 lebih kecil dari keuntungan pada perhitungan kombinasi produk yang optimal pada tahun tersebut.

Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa

Pertama, produksi yang telah dilakukan oleh perusahaan kasur “Sugiono” belum optimal, terutama dalam pengkombinasian produk yang dihasilkan. Oleh karena itu, keuntungan yang didapat belum maksimal.

Kedua, fungsi batasan yang dimiliki, rata-rata belum sepenuhnya terpakai, terutama kas, hal ini mengisyaratkan bahwa keuntungan keuntungan maksimal perusahaan masih dapat ditingkatkan apabila perusahaan mampu meningkatkan volume penjualan.

Berdasarkan temuan-temuan tersebut, maka diajukan saran sebagai berikut:

Pertama, hendaknya sebelum melakukan produksi, terlebih dahulu perusahaan harus mempertimbangkan ramalan penjualan periode yang bersangkutan.

Kedua, usaha peningkatan penjualan dalam rangka pemanfaatan fungsi batasan yang menganggur, dapat dilakukan terutama dengan cara meningkatkan usaha promosi. Cara yang dapat dilakukan adalah ikut pameran dagang, pemberian kupon atau hadiah untuk pembelian sejumlah barang tertentu, ataupun dengan pemberian diskon pada hari-hari tertentu.

Ketiga, karena pemakaian fungsi batasan tenaga kerja, terutama bagian kasur dan kapuk, sudah jauh lebih maksimal dibandingkan pemakaian fungsi batasan kas, maka dalam usaha peningkatan penjualan, perlu mulai disiapkan perekrutan dan pelatihan tenaga kerja baru bagian produksi.

Keempat, ada baiknya perusahaan mulai mempertimbangkan untuk berbagi pekerjaan dengan orang lain, yaitu dengan cara merekrut pegawai untuk menangani pekerjaan-pekerjaan yang masih bisa untuk diwakilkan.

Kelima, bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian serupa dan ditempat yang sama, sebaiknya mencoba menyesuaikan periode tahun dari data penjualan perusahaan dengan tahun masehi, karena disinyalir adanya ketergantungan dengan tahun masehi di daerah pemasaran. Penduduk di daerah pemasaran perusahaan sangat mempertimbangkan “Pasaran Jawa” dalam melakukan semua kegiatan mereka, untuk itu ada kemungkinan besar bahwa kegiatan jual beli mereka juga dipengaruhi oleh “Pasaran Jawa” tersebut, yang mana dasar tahun yang digunakan adalah tahun masehi.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis