Penulis Utama : Sri Muryani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Penggunaan kompos yang diperkaya binucleate rhizoctonia sebagai agen pengendali hayati layu fusarium pada tomat (lycopersicum esculentum mill)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanain UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian NIM.H0199016-2003
Subyek : TOMAT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

     Penyakit layu Fusarium yang disebabkan oleh jamur Fusarium oxysporum f.sp. lycopersici merupakan salah satu penyakit pada tanaman tomat. Penyakit ini sulit dikendalikan karena patogennya bersifat tular tanah (soil borne pathogen) dan soil inhabitant. Patogen mampu bertahan dalam tanah dalam jangka waktu yang relatif lama walaupun tidak tersedia tanaman inang. Pengendalian secara biologi dengan menggunakan agen pengendali hayati merupakan salah satu alternatif pengendalian yang relatif aman. BNR merupakan salah satu agen pengendali hayati yang terbukti efektif untuk mengendalikan berbagai macam patogen pada berbagai macam tanaman. Penambahan bahan organik ke dalam tanah dapat merperbaiki sifat fisik tanah dan mampu menciptakan kondisi kondisi lingkungan yang menguntungkan bagi APH serta mampu menekan perkembangan patogen tular tanah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kompos yang diperkaya Binucleate Rhizoctonia terhadap insidensi penyakit layu Fusarium serta pertumbuhan dan perkembangan tanaman tomat.

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2002 sampai Februari 2003 di Laboratorium Hama dan Penyakit dan Laboratorium Rumah Kaca Fakultas Pertanian UNS. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang terdiri dari 8 perlakuan dengan 3 ulangan. Tiap ulangan terdiri dari 4 tanaman. Adapun perlakuannya adalah kompos normal, tanpa BNR dan tanpa patogen; kompos normal, dengan BNR dan tanpa patogen; kompos steril, tanpa BNR dan tanpa patogen; kompos steril, dengan BNR dan tanpa patogen; kompos normal, tanpa BNR dan diinokulasi patogen; kompos normal, dengan BNR dan diinokulasi patogen; kompos steril, tanpa BNR dan diinokulasi patogen; kompos steril, dengan BNR dan diinokulasi patogen. BNR  Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t taraf 5%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada tanaman yang menunjukkan gejala layu Fusarium. Jadi efektifitas penggunaan kompos yang diperkaya BNR terhadap insidensi penyakit belum dapat diukur. Perlakuan dengan menggunakan kompos normal memberikan kecenderungan hasil tanaman yang lebih baik.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Ir. Susilo Hambeg P, MSc.
2. Ir. Trijono DS, MP.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian