Penulis Utama : Astrianingsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Evaluasi sistem pengendalian inetern atas persediaan bahan baku pada percetakaan solo grafika utama harian umum solopos
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1302010-2004
Subyek : BAHAN POKOK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Sistem pengendalian intern merupakan salah satu faktor penting berhasilnya kegiatan suatu perusahaan. Sistem pengendalian intern atas persediaan bahan baku meliputi sistem pengadaan dan sistem pengeluaran bahan baku. Kegiatan evaluasi diperlukan untuk menilai keberhasilan suatu sistem yang sedang berjalan, apakah sistem yang ada efektif atau tidak. Unsur-unsur struktur pengendalian intern adalah : lingkungan pengendalian, penaksiran risiko, informasi dan komunikasi, aktivitas pengendalian dan pemantauan.

Penelitian yang dilakukan di Solo Grafika Utama merupakan studi kasus. Data primer diperoleh dengan wawancara langsung dan kuesioner pada pihak yang bersangkutan, yaitu Staf Bagian Umum (Gudang) dan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen perusahaan. Evaluasi terhadap data-data yang diperoleh dibagi menjadi evaluasi terhadap unsur-unsur sistem pengendalian intern yaitu dari jawaban kuesioner dan evaluasi pengujian kepatuhan yaitu melakukan pengamatan terhadap sampel berupa Bukti penerimaan Dan Pengeluaran Bahan Baku yang diambil dari tanggal 1 Juli 2003 sampai dengan 30 Juni 2004 dengan metode Stop Or Go Sampling.

Solo Grafika Utama adalah sebuah perusahaan percetakan yang merupakan anak perusahaan PT. Aksara Solopos. Tujuan dari perusahaan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan cetak Harian Umum Solopos dan pihak luar. Proses produksi dimulai dari proses pracetak kemudian dilanjutkan dengan proses cetak. Pemasaran hasil produksi dilakukan melalui agen kemudian subagen dibawahnya.

Evaluasi terhadap unsur-unsur sistem pengendalian intern menyimpulkan bahwa sistem pengendalian intern atas persediaan bahan baku baik, dengan terpenuhinya kelima unsur sistem pengendalian intern. Beberapa kekurangan yang ditemukan adalah ketidakkonsistenan bagian-bagian dalam struktur organisasi dengan bagian-bagian dalam bagan alir dan pemisahan yang tidak tegas pada Bagian Pengelolaan Bahan Baku dan Bahan Pembantu yang dijalankan oleh 2 personel. Sedangkan hasil dari evaluasi pengujian kepatuhan menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern atas persediaan bahan baku efektif. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian kepatuhan dengan menggunakan metode Stop Or Go Sampling, dengan DUPL=5% dan R=95% terhadap 60 sampel. Pengujian kepatuhan ini tidak menemukan kesalahan, sehingga AUPL = DUPL yaitu 5 %.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis