Penulis Utama : Muhammad Yusak Anshori
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Framing Berita Kekerasan di Surat Kabar ( Analisis Framing Berita Kasus Kekerasan di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri pada Surat Kabar Harian Solopos )
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP UNS - 2004
Kolasi : 157 hal.
Sumber : UNS-FISIP NIM.D1201049-2004
Subyek : KEKEJAMAN-PTN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Media massa merupakan kepanjangan tangan dari kepentingan-kepentingan, baik pihak yang ada di dalam media maupun di luar lingkup media. Berbagai kepentingan tersebut kemudian termanifestasi dan menjelma menjadi ciri khas suatu surat kabar. Satu surat kabar akan menampilkan dan mengemas beritanya berbeda dengan surat kabar lain, walaupun diambil dari obyek atau fakta yang sama. Adanya faktor interpretasi dari wartawan melalui proses eksternalisasi dan internalisasinya terhadap suatu peristiwa secara tidak langsung akan berpengaruh pada cara pandang yang digunakan dalam melihat suatu fenomena yang terwujud dalam tulisan beritanya. Melalui penonjolan-penonjolan yang sengaja dilakukan oleh awak media tersebut merupakan pengejewantahan dari bentuk visi, misi dan kebijakan redaksional media bersangkutan.

Kasus Kekerasan di STPDN merupakan kasus yang berskala nasional. Kasus ini muncul bersamaan dengan kasus-kasus kekerasan lainnya yang terjadi dalam dunia pendidikan tinggi kita akhir-akhir ini. Banyaknya media yang menyajikan berita seputar kasus ini disebabkan adanya keterkaitan antara tindakan kekerasan dengan pendidikan moral para peserta didik yang rendah. Berbagai pendapat dan pernyataan para elit politik pun kemudian muncul seiring dengan berbagai kepentingan dari pihak-pihak yang bertanggung jawab dengan hal tersebut. Di sinilah kemudian mendorong terjadinya medan konflik antar berbagai kepentingan yang sangat menarik untuk diberitakan khususnya oleh Solopos.

Kasus kekerasan di STPDN menjadi lain dengan kasus-kasus serupa karena disertai oleh jatuhnya korban dari pihak siswa. Sebelum terungkapnya kasus Wahyu Hidayat, telah terjadi beberapa kasus serupa dan sempat di petieskan oleh pihak kepolisian karena tuntutan dari beberapa pejabat STPDN.

Penelitian ini mengambil sampel pada Surat Kabar Harian Solopos yang terbit satu hari setelah peristiwa kekerasan di STPDN itu terjadi, yaitu dari edisi 5 September sampai dengan 5 Oktober 2003. Dalam periodisasi itu intensitas pemberitaan mengenai kasus tersebut sebanyak 52 kali, dan tersebar dalam Headline, halaman depan, dan halaman Nasional. Pengambilan sampel hanya didasarkan atas kategori yang telah ditetapkan oleh penulis yaitu berkenaan dengan sistem pendidikan yang militeritik, rendahnya pendidikan moral mahasiswa, dan sistem pengawasan lembaga yang lemah.

Data yang berupa berita tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan framging melalui pendekatan yang perkenalkan oleh Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Penggunaan metode ini untuk melihat penekanan atau penonjolan dalam teks berita yang sengaja dilakukan oleh awak media. Dengan metode ini juga teks berita dilihat sebagai seperangkat kode yang membutuhkan interpretasi. Dari sini peneliti dapat mengetahui kecenderungan serta ideologi yang digunakan Solopos melalui strategi pemilihan bahasa serta seleksi sumber yang digunakannya.

Dari ketiga kategori penelitian tersebut pada akhirnya ditemukan adanya kecenderungan serta ideologi dari Solopos. Adapun kecenderungan pada Solopos yaitu terkesan netral dalam pemberitaannya karena disertai dengan opini pihak-pihak yang terkait, seperti alumni, pengamat pendidikan, serta pendiri STPDN itu sendiri lewat kolom Opini. Sedangkan ideologi yang dipakai adalah ideologi kapitalis atau pasar karena sering menggunakan istilah-istilah yang sering digunakan dalam tipe masyarakat feodal dan mempunyai unsur kedekatan dalam masyarakat Solo, seperti penggunaan kata sowan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Mursito BM, SU
2. Drs. Widyantoro, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP