Penulis Utama : Erika Rusdiana Fitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Hubungan antara motivasi belajar dan bimbingan belajar orang tua dengan prestasi belajar program pendidikan teknik dan pelatihan pada siswa kelas I rumpun bangunan SMKN 2 Surakarta tahun pelajaran 2002/2003
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP NIM.K1598017-2003
Subyek : METODE BELAJAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya 1) Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar, 2) Hubungan antara bimbingan belajar orang tua dengan prestasi belajar, 3) Hubungan antara motivasi belajar dan bimbingan belajar orang tua dengan prestasi belajar.

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Surakarta Jl. LU Adi Sucipto No. 33 Surakarta, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas I Rumpun Bangunan tahun pelajaran 2002/2003 yang berjumlah 105 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan diambil berdasarkan pada aturan praktis dalam bentuk tabel oleh Kerjcie dan Morgan dan didapatkan sampel sebanyak 80 siswa. Sebagai pengumpul data motivasi belajar dan bimbingan belajar orang tua menggunakan angket. Jumlah butir angket masing-masing instrumen yang diujicobakan untuk motivasi belajar 30 butir dan bimbingan belajar orang tua 32 butir. Setelah diuji validitas dan reliabilitasnya yang memenuhi syarat sebagai instrumen penelitian, motivasi belajar 27 butir dan bimbingan belajar orang tua 25 butir. Sedangkan untuk prestasi belajar menggunakan data dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regesi yang melibatkan dua variabel independen (bebas) dan satu variabel dependen (terikat). Dalam analisisnya dengan bantuan program SPSS versi 10.

Setelah dilakukan analisa data menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: 1) Ada hubungan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar, harga koefisien korelasi ( rhit > rtab = 0,697 > 0,220) pada taraf signifikansi 5%, 2) Ada hubungan positif antara bimbingan belajar orang tua dengan prestasi belajar, harga koefisien korelasi ( rhit > rtab = 0,248 > 0,220 ) pada taraf signifikansi 5%, 3) Ada hubungan positif antara motivasi belajar dan bimbingan belajar orang tua dengan prestasi belajar, harga Fhitung yang jauh lebih besar dari Ftabel ( Fhit > Ftab = 39,655 > 3,13 ) pada taraf signifikansi 5%, 4) Dari analisis data diperoleh hasil koefisien determinasi (kontribusi) sebagai berikut : kontribusi motivasi belajar 0,486 (48,6 %), kontribusi bimbingan belajar orang tua 0,062 (6,2 %), kontribusi bersama motivasi belajar dan bimbingan belajar orang tua 0,507 (50,7%).

Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I Rumpun Bangunan SMK Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2002/2003 disarankan pada siswa untuk dapat memotivasi diri agar bersemangat dalam belajar dan menyadari akan pentingnya bimbingan belajar dari orang tua. Orang tua hendaknya memberikan motivasi dan bimbingan belajar kepada anak agar prestasi yang memuaskan dapat tercapai serta bersedia meluangkan waktu guna memberikan bimbingan belajar bagi anak.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Sutrisno, ST. MPd
2. Drs. Roemintoyo, ST. MPd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP