Penulis Utama : Sidiq Pramono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh variasi penambahan tembaga dan pengerasan presipitasi terhadap kekerasan paduan aluminium silikon
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP NIM.K2500040-2004
Subyek : SILIKON-TOKSIKOLOGI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh variasi penambahan tembaga terhadap kekerasan paduan aluminium silikon. (2) Perbedaan pengaruh pengerasan presipitasi terhadap kekerasan paduan aluminium silikon. (3) Perbedaan pengaruh bersama (interaksi) antara variasi penambahan tembaga dan pengerasan presipitasi terhadap kekerasan paduan aluminium silikon.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan jenis penelitian yang digunakan adalah bentuk kuantitatif yaitu memaparkan secara jelas hasil eksperimen yang diperoleh dari sejumlah benda uji dalam bentuk angka. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah paduan aluminium silikon yang dibuat melalui pengecoran logam di perusahaan pengecoran logam Batur Klaten. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengujian kekerasan terhadap sampel. Pengujian kekerasan dilakukan dengan metode Brinell, sehingga akan diperoleh data hasil kekerasan Brinell dari setiap sampel.

Prasyarat analisis data mengunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Barlet untuk Uji homogenitas. Dari perhitungan uji normalitas diperoleh kesimpulan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Dari perhitungan uji homogenitas diperoleh kesimpulan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalan. ANAVA digunakan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara variabel penambahan tembaga dan pengerasan presipitasi terhadap kekerasan paduan aluminium silikon.

Dari hasil analisis data, maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan : (1). Ada perbedaan pengaruh yang signifikan yaitu pada variasi penambahan tembaga terhadap kekerasan paduan aluninium silikon ( Fobs > Ft = 186,27 > 6,01 pada taraf signifikasi sebesar 1%). Semakin tinggi kadar penambahan tembaga, maka kekerasan paduan aluminium silikon akan semakin meningkat. (2). Ada perbedaan pengaruh yang signifikan yaitu perlakuan pengerasan presipitasi terhadap kekerasan paduan aluminium silikon (Fobs > Ft = 2225,06 > 8,28 pada taraf signifikasi sebesar 1%). Dengan diberikan perlakuan pengerasan presipitasi kekerasan paduan aluminium silikon yang diberi unsur tembaga dapat meningkat. (3) Ada perbedaan pengaruh bersama (interaksi) yang signifikan antara variasi penambahan tembaga dan perlakuan pengerasan presipitasi terhadap kekerasan paduan aluminium silikon ( Fobs > Ft = 10,23 > 6,01 pada taraf signifikasi sebesar 1%). Paduan aluminium silikon akan memiliki respon yang baik terhadap perlakuan panas dengan penambahan unsur tembaga.

Setelah dilakukan penelitian dapat dilihat bahwa nilai kekerasan paduan aluminium silikon yang paling tinggi dapat dicapai dengan penambahan tembaga sebanyak 5% dan dengan perlakuan pengerasan presipitasi yaitu sebesar 97,10 HBN.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Suhardi, M.T.
2. Drs. Akoib
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP