Penulis Utama : Nyken Widyastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis pengaruh display signage dan in store media terhadap perilaku pembelian konsumen di Goro Assalam Pabelan Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200081-2004
Subyek : IKLAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Perkembangan bisnis retail di Indonesia menjadikan para peritel berusaha untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan yang diberikan di toko mereka. Suasana berbelanja yang nyaman dan menyenangkan merupakan salah satu strategi manajemen yang berusaha diciptakan oleh para peritel untuk dapat memenangkan persaingan diantara peritel. Strategi pemasaran yang dilakukan diantaranya yaitu dengan memaksimumkan penggunaan material dari POP Advertising yang terdiri dari Display, Signage dan In-Store Media di dalam toko.

Adapun masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah apakah Display, Signage dan In-Store Media secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku pembelian konsumen di Goro Assalam Pabelan. Dan variabel independen manakah yang paling dominan pengaruhnya terhadap perilaku pembelian konsumen. Sehubungan dengan masalah tersebut maka diajukan hipotesis sebagai berikut yaitu diduga bahwa variabel Display, Signage dan In-Store Media secara bersama-sama mempengaruhi perilaku pembelian konsumen dan diduga bahwa variabel Display paling mempengaruhi perilaku pembelian konsumen.

Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen yang berbelanja di Goro Assalam Pabelan dengan menggunakan 100 responden sebagai sampel. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Covenience Sampling.

Sejalan dengan masalah dan hipotesis di atas maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan uji regressi berganda yang diolah dengan komputer program SPSS. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga variabel yang diteliti berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian konsumen dan  secara bersama-sama ketiga variabel tersebut juga berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku pembelian konsumen. Diperoleh hasil nilai F hitung sebesar 15,231 > 2,68, sedangkan secara parsial diperoleh t hitung > t tabel variabel Display sebesar 2,650, In-Store Media 2,398, dan Signage 2,105 berarti ketiganya > 1,960.

 Dari hasil perhitungan yang diperoleh untuk F hitung dan t hitung dapat diketahui bahwa ketiga variabel yang diteliti memiliki pengaruh baik secara bersama-saama maupun secara parsial. Dan variabel yang paling besar mempengaruhi perilaku pembelian  ialah variabel Display yang ditunjukkan dari hasil perhitungan yang paling besar diantara variabel independen yang lain yaitu sebesar 2,650.

Dari hasil perhitungan statistik tersebut dapat disimpulkan bahwa ternyata dari ketiga variabel yang digunakan oleh peneliti yaitu Display, Signage dan In-Store Media memiliki pengaruh sebesar 30% terhadap variabel perilaku pembelian konsumen dan sisanya sebesar 70% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti

Berdasarkan hasil kesimpulan di atas maka penulis mengajukan beberapa saran yang dapat dijadikan bahan pertimbangan yaitu : pihak Goro Assalam perlu meningkatkan peranan POP Advertising dalam kebijakan pemasarannya, antara lain dengan menambah kelengkapan POP Advertising yang ada di dalam toko seperti memberikan pamflet informasi mengenai harga-harga produk baru,  penempatan label harga yang sesuai dengan produknya, mengganti label harga yang sudah rusak atau usang, menambah poster produk yang masih kurang serta menggunakan poster yang berisi ajakan sosial dan bernuansa Islami serta penggunaan poster atau tanda informasi yang menarik dan letaknya strategis sehingga mudah terbaca oleh konsumen, memperbaiki komponen POP yang sudah ada seperti tetap menjaga kerapihan dan kebersihan meja display, penyesuaian musik yang diputar yakni dengan adanya koordinasi yang baik dari operator musik yang ada di dalam toko dengan suasana berbelanja sehingga mampu menciptakan suasana belanja yang nyaman dan menyenangkan bagi konsumen. Memberikan pelatihan terhadap SDM untuk lebih memahami lagi strategi POP Advertising di dalam toko sehingga Goro Assalam tetap memiliki daya saing yang tinggi dan tidak ditinggalkan oleh pelanggan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Retno Tanding Suryandari, SE, ME
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis