Penulis Utama : Yonas Ferandi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh kenyamanan dorongan kualitas pelayanan dan kualitas barang berdasarkan musik latar terhadap perilaku pembelian konsumen di Toko Buku Gramedia Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200116-2004
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Musik sebagai situational background merupakan salah satu faktor lingkungan atau atmosfir yang mampu mempengaruhi perilaku konsumen. Musik menjadi bagian dari atmosfir yang menarik karena mudah, murah, dan bervariasi menyesuaikan suasana, serta diperkirakan mampu mempengaruhi perilaku manusia. Penelitian ini dilakukan berdasarkan penelitian Mehrabian dan Russel (1974) yang menggunakan model Stimulus-Organism-Response (S-O-R), yakni menjelaskan tingkat emosional dan proses kognitif yang dapat mempengaruhi perilaku manusia dalam lingkungannya.

Penelitian ini dilakukan untuk meneliti apakah perilaku pembelian konsumen secara signifikan dipengaruhi variabel-variabel di dalam tingkat emosional (kenyamanan dan dorongan) dan proses kognitif (kualitas pelayanan dan kualitas barang). Selanjutnya, diteliti dengan uji beda untuk mengetahui apakah ada perbedaan persepsi terhadap variabel-variabel bebas dalam penelitian ini setelah musik latar sebagai background situational toko dibedakan menjadi dua karakter musik, yaitu Top 40 dan klasik.

Variabel terikat dalam penelitian ini adalah perilaku pembelian. Sedangkan variabel bebasnya adalah kenyamanan (pleasure), dorongan (arousal), kualitas pelayanan (service quality), dan kualitas barang (merchandise quality).

Populasi di dalam penelitian ini adalah konsumen toko buku Gramedia Surakarta. Sampel diambil dengan menggunakan non probability sampling method, yaitu dengan convenience sampling. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer (melalui metode kuisioner dan wawancara) yang didukung dengan data sekunder dari sumber lain yang relevan.

Analisis data dalam penelitian ini mencakup analisis instrumen, analisis model regresi linear berganda, uji koefisien determinasi majemuk (R2), uji koefisien regresi dengan uji statistik-F, dan uji statistik-t, serta uji beda dengan analysis of variance (ANOVA).

Dari hasil analisis regresi diketahui hasilnya konsisten dengan penelitian terdahulu, yaitu adanya pengaruh yang signifikan secara parsial maupun bersama-sama pada kenyamanan, dorongan, kualitas pelayanan, dan kualitas barang terhadap perilaku pembelian konsumen di toko buku Gramedia Surakarta. Sedangkan dari uji beda diketahui adanya perbedaan yang nyata pada tanggapan konsumen toko buku Gramedia Surakarta terhadap kenyamanan, dorongan, kualitas pelayanan, dan kualitas barang berdasarkan musik berkarakter Top 40 dan klasik sebagai situational background toko. Uniknya, konsumen cenderung menanggapi musik Top 40 lebih positif untuk semua variabel daripada musik klasik.

Pada penelitian ini kualitas pelayanan (service quality) memiliki pengaruh yang paling signifikan terhadap perilaku pembelian, sehingga disarankan adanya penambahan karyawan yang telah disertai training dan pengalaman untuk meningkatkan kinerja pegawai. Penggunaan komputer dengan program pencarian buku juga sebaiknya ditingkatkan sosialisasinya pada konsumen serta ditingkatkan manfaatnya (misalnya dengan penambahan daftar buku baru beserta sinopsisnya) agar mampu memberikan pelayanan yang lebih banyak kepada konsumen. Sedangkan untuk menanggapi hasil dari uji beda, disarankan agar frekuensi pemutaran musik Top 40 lebih ditingkatkan daripada musik klasiknya. Untuk menutup keramaian dari suara lain di luar maupun di dalam toko, kualitas sound system perlu ditingkatkan atau diusahakan dengan sistem peredam suara khusus untuk toko.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis