Penulis Utama : Fajar Hidayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh partisipasi terhadap senjangan anggaran dengan komitmen organisasi, ketidakpastian lingkungan dan informasi asimetri sebagai moderating variable
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0300004-2004
Subyek : ANGGARAN BELANJA PERUSAHAAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah mengenai pengaruh partisipasi terhadap senjangan anggaran dengan menggunakna komitmen organisasi, ketidakpastian lingkungan dan informasi asimetri sebagai variabel pemoderasi. Sehubungan dengan masalah tersebut diajukan empat hipotesis. Pertama, partisipasi yang tinggi akan meningkatkan senjangan anggaran; kedua, partisipasi akan berpengaruh positif terhadap senjangan anggaran pada komitmen organisasi yang rendah; ketiga, partisipasi akan berpengaruh positif terhadap senjangan anggaran pada ketidakpastian lingkungan yang rendah; keempat, partisipasi akan berpengaruh positif terhadap senjangan anggaran pada informasi asimetri yang tinggi.

Sejalan dengan masalah tersebut dan hipotesis penelitian maka penelitian dilaksanakan pada organisasi pemerintah daerah tingkat II wilayah Kedu dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner. Data penelitian ini dianalisis menggunakan metode regresi linier sederhana dan berganda.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa data penelitian ini mendukung hipotesis pertama dan ketiga, serta tidak mendukung hipotesis kedua dan keempat.

Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa partisipasi akan meningkatkan senjangan anggaran, ketidakpastian lingkungan merupakan salah satu variabel pemoderasi hubungan partisipasi dan senjangan anggaran, komitmen organisasi dan informasi asimetri bukan variabel moderating dalam penelitian ini. Temuan tersebut membuat peneliti mengajukan saran-saran menggunakan sampel yang lebih besar, memasukkan variabel lain yang mungkin mempengaruhi, dan menggunakan nilai signifikansi yang lebih besar dari 0,01.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Falikhatun, Msi, Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis