Penulis Utama : Endah Sumarginingsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Studi keterkaitan antar sektor menggunakan model tabel input output : suatu analisis penyerapan tenaga kerja agroindustri di propinsi Jawa Tengah tahun 2002
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0100029-2004
Subyek : TENAGA KERJA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah bagaimanakah keterkaitan ke depan dan ke belakang  antar sektor dan jumlah penyerapan kerja dari keterkaitan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan ke depan dan ke belakang dari sektor yang mempunyai nilai koefisien tertinggi dan mengetahuibesarnya penyerapan dan kesempatan kerja agroindustri di Jawa Tengah pada tahun 2002. Data yang digunakan adalah data skunder, data skunder diperoleh dari instansi terkait. Alat analisis yang digunakan adalah analisis keterkaitan antar sektor menggunakan model tabel input output.

Menggunakan tabel input output dapat diketahui angka koefisien tertinggi. Pertanian padi dan industri pakaian jadi, dengan nilai indeks derajat kepekaan pertanian padi sebesar 1,6613917 dan nilai koefisien daya penyebaran industri pakaian jadi sebesar 1,5238573. Kemudian disajikan keterkaitan ke depan dan ke belakang dan mata rantai dari masing-masing sektor. Karena adanya keterbatasan data regional, maka dalam perhitungan tenaga kerja sektoral dengan cara memproxy data nasional dengan distribusi PDRB sehingga diperoleh data tenaga kerja sektoral regional.

Analisis ini adalah menghitung nilai keterkaitan ke depan dan ke belakang pertanian padi dan industri pakaian jadi  dalam penyerapan tenaga kerja. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa total kesempatan tenaga kerja yang tersedia sebanyak 1.392.186 orang, yang terdiri dari pertanian padi 1.176.203 orang dan industri tekstil, pakaian, dan kulit sebanyak 215.983 orang. Saran yang dikemukakan bagi perkembangan perekonomian Jawa Tengah adalah mengembangkan sektor pertanian padi dan industri pakaian jadi yang memiliki rantai keterkaitan panjang.  Selain itu juga memperkuat sektor pertanian sebagai sektor basis untuk mengembangkan sektor industri yang tangguh, terutama pada pengolahan hasil pertanian.

 

Kata kunci :    keterkaitan ke depan, keterkaitan ke belakang, derajat kepekaan, daya penyebaran, dan penyerapan tenaga kerja.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis