Penulis Utama : Asri Wulaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh konsentrasi IAA dan kinetin terhadap tingkat multiplikasi tunas pisang (musa paradisiaca L.) varietas raja batang secara in vitro
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian NIM.H0100043-2004
Subyek : PISANG, BUAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi Indol Acetic Acid (IAA) dan Kinetin terhadap multiplikasi tunas eksplan pisang varietas raja batang secara in vitro.

Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Januari 2004 sampai dengan Agustus 2004 di Laboratorium Fisiologi dan Bioteknologi Tanaman dan Laboratorium Rumah Kaca Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Media yang digunakan pada penelitian ini adalah media Murashige and Skoog (MS) dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang disusun secara faktorial dengan masing-masing faktorial terdiri dari 4 taraf, yaitu konsentrasi IAA 0 ppm; 1 ppm; 2 ppm; 3 ppm dan konsentrasi Kinetin 0 ppm; 2 ppm; 4 ppm; 6 ppm, masing-masing perlakuan diulang 3 kali. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis ragam berdasarkan uji F pada taraf 5 % dan 1 %. Apabila terdapat pengaruh nyata pada perlakuan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan (DMRT) pada taraf 5%. Jika terdapat perbedaan yang nyata dilanjutkan dengan uji regresi untuk mengetahui perlakuan terbaik.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penambahan IAA memberikan pangaruh respon yang baik pada saat kemunculan tunas, jumlah tunas, saat muncul akar, jumlah akar dan panjang akar, sedangkan perlakuan penambahan Kinetin memberikan pengaruh respon terbaik pada jumlah tunas dan jumlah daun.

Kata kunci : IAA, Kinetin, multiplikasi, pisang, in vitro

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Ahmad Yunus, MS
2. Ir. Retna Bandriyati, MS
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian