Penulis Utama : Catur Yanuarsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Kegiatan Internal Public Relations, Pemenuhan Kebutuhan dan Kepuasaan Kerja Karyawan (Studi Korelasi antara Kegiatan Internal Public Relations, Pemenuhan Kebutuhan dengan Kepuasaan Kerja Karyawan di Rumah Sakit Umum Dr. Moerwardi Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP NIM.D0299002-2003
Subyek : HUBUNGAN MASYARAKAT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Skripsi ini dilatarbelakangi fenomena yang penulis tangkap selama menjalani magang di bagian Humas RSDM. Fenomena tersebut menyangkut ketidakpuasan kerja yang dirasakan oleh karyawan RSDM. Padahal penulis melihat bahwa Humas telah mengadakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan salah satu publik internalnya yaitu karyawan dan RSDM telah memenuhi kebutuhan-kebutuhan karyawannya. Berdasarkan dua fenomena inilah, penulis mencoba untuk menghubungkan ketiganyanya dengan mengangkat permasalahan “Adakah hubungan yang positif dan signifikan antara kegiatan internal public relations dan pemenuhan kebutuhan dengan kepuasan kerja karyawan RSDM?”.

Berdasarkan permasalahan di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara kegiatan internal public relations dan pemenuhan kebutuhan dengan kepuasan kerja karyawan RSDM ini. Penelitian ini berjalan dengan sebuah pemikiran bahwa seorang public relations atau Humas adalah seseorang yang disebut care, seseorang yang peduli pada setiap hubungan yang terjalin dan seseorang yang peka pada setiap gejala atau fenomena yang tampak di institusi tempatnya bekerja.

Penelitian ini menggunakan metode korelasional, dengan jenis penelitian explanatory atau penjelasan, karena penelitian ini berusaha menjelaskan hubungan yang terjadi antara variabel independen dan variabel dependen. Penelitian ini menggunakan dua variabel independen yaitu kegiatan internal public relations dan pemenuhan kebutuhan serta satu variabel dependen yaitu kepuasan kerja karyawan. Karyawan dalam penelitian ini dibatasi pada mereka yang bekerja di unit keperawatan bangsal non cendana, yang kemudian dijadikan populasi dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data pokok dengan kuisioner yang dibagikan kepada 60 responden yang merupakan sampel dari populasi sebesar 150 orang, dimana besarnya sampel tersebut ditentukan dengan menggunakan rumus yamane dengan metode pengambilan sampel secara random sampling atau sampel acak.

Rumus korelasi yang digunakan yaitu korelasi tata jenjang Spearman. Berdasarkan perhitungan diperoleh koefisien korelasi 0,283968811, dan nilai t hipotesis diterima sebesar 2,255492735. Dengan hasil tersebut disimpulkan bahwa kegiatan internal public relations mempengaruhi kepuasan kerja dalam kategori rendah tapi pasti. Ini menandakan bahwa peran dan fungsi Humas di RSDM belum optimal, dan belum berpengaruh kuat apabila dibandingkan dengan pengaruh pemenuhan kebutuhan yang mencapai koefisien korelasi 0,512499062, dan nilai t 4,545396641 yang artinya hubungan yang cukup berarti. Dukungan publik internal sangat diperlukan untuk memperbaiki kondisi ini.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Indah Budi Rahayu, SE, M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP