Penulis Utama : Wawan Marliyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pesan pendidikan pada iklan program bimbingan anak sampoerna (menguak makna akan pesan pendidikan yang terdapat pada iklan program bimbingan anak sampoerna dengan menggunakan metode analisis semiologi roland barthes)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP NIM.D0299102-2004
Subyek : IKLAN-ASPEK PENDIDIKAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilakukan berdasarkan ketertarikan Penulis pada iklan Program Bimbingan Anak Sampoerna di media televisi (pernah disiarkan di Televisi Pendidikan Indonesia dan Televisi Transformasi Indonesia) yang merupakan bagian dari kampanye Program Bimbingan Anak Sampoerna yang mengadakan rangkaian program jangka panjang pendidikan anak-anak melalui kesenian. Dengan mengadakan beberapa agenda, yaitu karya kita, konser kita, sahabat kita, paduan suara anak bangsa yang diselenggarakan di beberapa kota besar di Indonesia.

Pada dasarnya penelitian ini merupakan pencarian makna pesan dalam empat versi iklan Program Bimbingan Anak Sampoerna yang pernah ditayangkan pada media televisi. Oleh karena itu landasan berpikir dari penelitian ini adalah memandang komunikasi sebagai generation of meaning atau pembangkitan makna, maka metode yang digunakan Penulis adalah semiologi. Semiologi digunakan untuk mengetahui bagaimana makna pesan dikonstruksikan melalui tanda-tanda dalam teks dan juga mencari makna yang terkandung di dalam teks.

Iklan Program Bimbingan Anak Sampoerna yang merupakan salah satu media kampanye dari Program Bimbingan Anak Sampoerna, merupakan suatu kampanye yang mencerminkan apa yang sedang dilakukan oleh Program Bimbingan Anak Sampoerna yang memiliki kepedulian terhadap masa depan anak-anak, melalui pendidikan lewat kesenian yang sebenarnya memiliki cakupan universal. Nilai-nilai pendidikan inilah yang kemudian menjadi konteks dalam kampanye Program Bimbingan Anak Sampoerna yang berupa iklan di media televisi.

Dalam keempat versi Iklan Program Bimbingan Anak Sampoerna, yang didalamnya terdapat kredo lama, luas, dalam dan damai, pesan pendidikan yang ingin disampaikan adalah pendidikan tentang keluarga, pendidikan tentang perdamaian, pendidikan tentang persatuan dan pendidikan tentang nasionalisme.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Adolfo Eko, MS
2. Dra. Roudhotul Jannah, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP