Penulis Utama : Dwi Ratna Handayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Masalah pembauran dalam novel Ca Bau Kan karya Remy Sylado (sebuah pendekatan sosiologi sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0299015-2004
Subyek : CERITA KHAYAL ILMIAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini berjudul “Masalah Pembauran dalam Novel ca bau kan, karya Remy Sylado (sebuah Pendekatan Sosiologi Sastra). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan latar belakang pengarang menulis novel ca bau kan dan pandangan pengarang terhadap masalah pembauran, (2) mendeskripsikan latar belakang sejarah dan kondisi sosial budaya yang mendorong munculnya masalah pembauran dalam novel ca bau kan, dan (3) mendeskripsikan masalah pembauran yang terefleksi dalam novel ca bau kan.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Objek penelitian ini adalah kutipan-kutipan, kata-kata, frase-frase atau kalimat-kalimat yang mengungkapkan masalah pembauran yang terefleksi dalam novel ca bau kan. Sumber data yang digunakan terdiri dari dua jenis, yaitu (1) sumber data primer, yaitu novel ca bau kan karya Remy Sylado yang diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia tahun 1999, cetakan VII tahun 2002 setebal 408 halaman, dan (2) sumber data sekunder yang berupa artikel-artikel yang berkaitan atau membahas tentang ca bau kan. Sumber data tersebut diperoleh dengan menggunakan teknik pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini secara operasional terlihat dalam proses pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan yang menggunakan metode dedukatif dan induktif.

Dari hasil analisis novel ca bau kan dengan pendekatan sosiologi sastra, dapat diambil kesimpulan, yaitu (1) Novel ca bau kan karya Remy Sylado merupakan novel sejarah. Sejarah yang dimaksud di sini adalah sejarah secara umum yang berkaitan dengan perebutan kekuasaan dan pemerintah yang berkuasa pada masa tertentu. Dalam hal ini adalah perebutan kekuasaan dari tangan penjajah Belanda dan Jepang; (2) Remy Sylado merupakan pengaran yang produktif menciptakan novel sejarah. Hal ini berkaitan dengan kecintaannya pada sejarah. Sejarah dipakainya sebagai latar, untuk mengkritis kondisi sosial pada saat ini; adalah dengan menulis ca bau kan yang bertemakan pembauran. Seperti kita ketahui pembauran bangsa Indonesia merupakan satu masalah yang krusial dan mendasar sampai saat ini. Berbagai kerusuhan rasial yang muncul, khususnya terhadap etnis Tionghoa, menandakan pembauran di Indonesia masih menjadi dilema. Stereotip masyarakat yang menganggap etnis ini tidak memiliki andil dalam perjuangan kemerdekaan, masih terus melekat. Oleh karena itu, Remy Sylado dalam ca bau kan ingin mewartakan keberagaman dan mengembalikan bangsa Indonesia kebhinekaan yang sejati dengan semangat Sumpah Pemuda dan Bhineka Tunggal Ika; dan (4) Terwujudnya pembauran bangsa Indonesia membutuhkan kerjasama dari berbagai lapisan masyarakat, baik pri maupun non pri. Pemerintah, dalam hal sebagai penguasa harus memberikan perlakuan dan hak yang sama terhadap pri maupun non pri dalam segenap bidang kehidupan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Prof.Dr.H. Soediro Satoto
2. Dra. Murtini, M.S
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa