Penulis Utama : Dewi Mukti Prasetianingtias
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh tekanan peran terhadap komitmen organisasional dan komitmen profesional dengan self efficacy sebagai variabel moderasi (studi empiris pada kantor akuntan publik di Jwa Tengah dan DIY)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0301025-2004
Subyek : MANAJEMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Banyak peneliti tertarik pada topik penelitian mengenai komitmen baik itu komitmen organisasional dan komitmen profesional mengingat konsekuensi penting yang ditimbulkan oleh komitmen itu. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk memahami komitmen organisasional dan komitmen profesional di lingkungan Kantor Akuntan Publik, (2) untuk menguji pengaruh tekanan peran (konflik peran dan ketidakjelasan peran) terhadap komitmen organisasional dan komitmen profesional, dan (3) untuk menguji pengaruh moderasi dari self efficacy pada hubungan antara tekanan peran dengan komitmen organisasional dan komitmen profesional.

            Populasi dari penelitian ini adalah Akuntan Publik di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dari 16 Kantor Akuntan Publik. Kuesioner yang diberikan kepada responden secara keseluruhan berjumlah 108 buah dan 89 kuesioner diterima kembali dengan tingkat pengembalian 82,41%. Data yang terkumpul akan dianalisa dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA).

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) konflik peran berpengaruh negatif terhadap komitmen organisasional, (2 ) ketidakjelasan peran berpengaruh negatif terhadap komitmen organisasional,(3) konflik peran berpengaruh negatif terhadap komitmen profesional (4) ketidakjelasan peran berpengaruh negatif terhadap komitmen profesional. Hasil penelitian ini tidak dapat membuktikan pengaruh moderasi dari self efficacy pada hubungan antara konflik dan ketidakjelasan peran dengan komitmen organisasional dan komitmen profesional.

 

Kata kunci: tekanan peran (konflik peran dan ketidakjelasan peran), self efficacy, komitmen organisasional  dan komitmen profesional.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Doddy Setiawan, S. E., M. Si., Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis