Penulis Utama : Ahadi Abdul Wahab H.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh konfigurasi kabel terhadap desain dek pada jembatan cable stayed
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik NIM.I0198040-2004
Subyek : KABEL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Salah satu parameter yang mempengaruhi perilaku struktur jembatan cable stayed adalah konfigurasi kabel. Penerapan konfigurasi kabel yang berbeda akan menghasilkan respon struktur yang berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana perbedaan respon struktur yang terjadi akibat dari perbedaan konfigurasi kabel mempengaruhi desain dek jembatan.

Model yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada Uddevalla Bridge. Model terdiri dari tiga konfigurasi kabel yaitu tipe fan, semiharp dan harp dengan empat kondisi pembebanan. Analisis struktur dilakukan dengan bantuan software SAP 2000, dan analisis desain dek jembatan mengacu pada peraturan ACI 318-99.

Dari hasil analisis struktur diketahui, konfigurasi fan dan semiharp memberikan performa yang lebih baik dibandingkan dengan tipe harp. Pada kondisi pembebanan 1, efisiensi kebutuhan baja tulangan fan mencapai 3.964 % dibandingkan semiharp dan 20.568 % dibandingkan harp. Pada kondisi pembebanan 2, efisiensi mencapai 4.453 % dibandingkan semiharp dan 23.373 % dibandingkan harp. Pada kondisi pembebanan 3, efisiensi kebutuhan baja tulangan semiharp mencapai 6.808 % dibandingkan fan dan 36.301 % dibandingkan dengan harp. Pada kondisi pembebanan 4, efisiensi mencapai 16.653 % dibandingkan dengan fan 124.318 % dibandingkan dengan harp.


File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Ir. Agus Supriyadi, MT
2. Senot Sangadji, ST, MT
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik