Penulis Utama : Joko Listiyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis efisiensi penggunaan modal kerja dalam usaha meningkatkan rentaabilitas pada perusahaan Batik Menur Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1201039-2004
Subyek : MODAL KERJA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Setiap perusahaan yang didirikan selalu mempunyai tujuan yang telah ditetapkan untuk dicapai. Salah satu tujuan yang penting adalah berusaha untuk mendapatkan laba yang maksimal. Untuk tetap dapat survive, perusahaan yang profit oriented harus melakukan efisiensi untuk menekan biaya agar dapat mengimbangi keuntungan yang menipis atau mengurangi kerugian.

Berkaitan dengan hal tersebut maka penulis mengambil judul “ Analisis Efisiensi Penggunaan Modal Kerja Dalam Usaha Meningkatkan Rentabilitas Pada Perusahaan Batik Menur Klaten”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi penggunaan modal kerja perusahaan. Data yang digunakan sebagai bahan analisis adalah data-data keuangan selama 5 tahun yaitu Neraca, Laporan Rugi Laba dan Harga Pokok Penjualan.

Peneliti mengajukan hipotesis yaitu Perusahaan Batik Menur Klaten belum mengelola modal kerja secara efisien dalam meningkatkan rentabilitas. Pengukuran efisiensi dilakukan dengan beberapa alat analisis yaitu tingkat perputaran dari masing-masing elemen modal kerja, analisis perbandingan modal kerja ideal dengan modal kerja riil dan analisis rentabilitas modal kerja. Analisis rentabilitas untuk mengetahui kemampuan modal kerja dalam mengahasilkan laba. Semakin tinggi tingkat rentabilitas yang dicapai maka semakin efisien perusahaan dalam menggunakan modal kerjanya. Analisis perputaran modal kerja untuk mengetahui tingkat perputaran modal kerja dan periode terikatnya. Semakin tinggi perputarannya maka semakin efisien perusahaan dalam menggunakan modal kerjanya. Perbandingan modal kerja ideal dengan aktual untuk mengetahui apakah terdapat kelebihan modal kerja dalam jumlah yang seharusnya dibutuhkan. Jika terdapat kelebihan modal kerja maka ada sebagian modal kerja yang tidak produktif dan ini menunjukkan bahwa perusahaan tidak efisien dalam menggunakan modal kerjanya.

Dari hasil analisis data, tingkat perputaran dari elemen modal kerja kas dan piutang cenderung mengalami penurunan, hanya persediaan yang mengalami kenaikan. Dari analisis modal kerja keseluruhan mengalami kenaikan namun pada tahun 2002 mengalami penurunan. perbandingan modal kerja riil dan modal kerja ideal selama 4 tahun dari tahun 1999-2002 selalu menunjukkan jumlah modal kerja aktual lebih besar daripada idealnya, hanya sebagian elemen persediaan yang menunjukkan modal kerja idealnya lebih besar daripada riilnya. Dari analisis Rentabilitas cenderung mengalami kenaikan dari 39,87 % paada tahun 1999 menjadi 56,68 % tahun 2002. Dari hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan modal kerja Perusahaan Batik Menur belum efisien namun dari segi rentabilitas sudah mengalami kenaikan.

Saran yang dapat diberikan adalah manajemen perusahaan hendaknya membuat kebijaksanaan yang lebih cermat pada penggunaan modal kerja yang meliputi kebijaksanaan dalam penggunaan kas, pengumpulan piutang dan pengelolaan persediaan sehingga pada akhirnya modal kerja yang digunakan dapat efisien. Untuk meningkatkan perputaran modal kerja, perusahaan dapat menetapkan target tertentu dengan modal kerja yang efisien atau dengan modal kerja tertentu berusaha meningkatkan penjualan. Selain itu perusahaan harus mengendalikan modal kerja dengan melakukan perhitungan untuk mengetahui besarnya modal kerja yang sesungguhnya dibutuhkan. Hal ini untuk menghindari kelebihan modal kerja yang mengakibatkan pemborosan atau inefisiensi. Rentabilitas modal kerja perusahaan dapat ditingkatkan dengan menekan pos-pos biaya yang masih memungkinkan untuk diturunkan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Bambang Hadinugroho SE, MSi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis