Penulis Utama : Brilyan Gusmi Auliyaa Robbani
NIM / NIP : I0114024
×

Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak pula pembangunan infrastruktur di dunia. Pada era teknologi sekarang ini, timbulah berbagai inovasi untuk memodifikasi beton. High strength self compacting concrete (HS-SCC) atau beton mutu tinggi memadat mandiri merupakan salah satu inovasi dalam pembuatan beton. Di Indonesia sendiri saat ini sedang banyak melakukan penelitian mengenai pengadaan bahan alternatif sebagai pencampur atau pengganti semen pada beton SCC. Bahan tambah kimia yang digunakan berupa superplasticizer yang berguna untuk memudahkan dalam pengerjaan beton (workabilitas), sedangkan bahan tambah mineral yang digunakan adalah rice husk ash (abu sekam padi). Abu sekam padi berfungsi untuk meningkatkan kuat tekan beton karena bersifat pozzolannik dan mengandung unsur silika yang tinggi.

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh kadar rice husk ash terhadap kuat tekan pada High Strength Self Compacting Concrete (HSSCC) benda uji silinder diameter 7,5 cm x 15 cm usia 14 hari dan 28 hari. Dalam penelitian ini kandungan SiO2 (silika) pada abu sekam padi sebesar 84,91% dan kadar variasi abu sekam padi yang digunakan sebesar 0%, 5%, 7,5%, 10% dan 12,5% terhadap berat semen. Benda uji yang digunakan berbentuk silinder berukuran 7,5 cm dan tinggi 15 cm. Pengujian yang dilakukan terhadap parameter self compacting concrete yaitu fillingability, passingability dan segregation resistance serta pengujian kuat tekan beton pada umur 14 dan 28 hari dengan menggunakan Universal Testing Machine (UTM).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa beton dengan kadar variasi 5% dan 7,5?u sekam padi memberikan hasil yang baik untuk pengujian terhadap parameter self compacting concrete dan kuat tekan optimum pada beton umur 14 hari adalah 29,72
MPa pada kadar abu sekam padi 9,33%, sedangkan kuat tekan optimum pada beton umur 28 hari adalah 51,09 MPa pada kadar abu sekam padi 8,88%.

Kata Kunci : beton mutu tinggi, beton memadat mandiri, abu sekam padi, pengujian beton segar, kuat tekan.

×
Penulis Utama : Brilyan Gusmi Auliyaa Robbani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0114024
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Kadar Rice Husk Ash terhadap Kuat Tekan pada High Strength Self Compacting Concrete (HSSCC) Benda Uji Silinder 7,5 Cm X 15 Cm Usia 14 dan 28 Hari
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak, Teknik - 2018
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Jur. Teknik Sipil-I0114024-2018
Kata Kunci : beton mutu tinggi, beton memadat mandiri, abu sekam padi, pengujian beton segar, kuat tekan.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wibowo, S.T., D.E.A.
2. Dr. Endah Safitri S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.