Penulis Utama : Solichah Ratnasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Mispricing pada akrual abnormal : pendekatan perhitungan akrual normal dengan model industri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0399069-2004
Subyek : HARGA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan hendak mencari jawaban permasalahan tentang apakah terdapat mispricing pada akrual abnormal dengan pendekatan arus kas dan neraca di Bursa Efek Jakarta. Penelitian ini merupakan pengembangan penelitian Xie (2001) dan Collins dan Hribar (2000b). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat mispricing (ketidaktepatan penilaian) pada discretionary accruals (dalam penelitian ini disebut “akrual abnormal”) dengan pendekatan arus kas dan pendekatan neraca di Bursa Efek Jakarta. Berdasarkan tujuan penelitian, maka dirancang hipotesis nol bahwa tidak terdapat mispricing pada akrual abnormal dengan kedua pendekatan tersebut. Model Industri dipakai untuk mengestimasi akrual abnormal dan akrual normal.

Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta dengan dimensi waktu cross sectional. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling, sehingga diperoleh 42 perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria. Pembatasan kriteria antara lain perusahaan manufaktur terdaftar di BEJ selama tahun 2000 hingga 2002, menghasilkan laba selama tahun 2000 s.d 2001, tidak melakukan merger dan akuisisi, telah menerbitkan laporan keuangan per 31 Desember 2001 dan telah diaudit. Perusahaan yang tidak memenuhi kriteria dimasukkan ke dalam kriteria nonsampel, karena model Industri menghendaki data perusahaan nonsampel. Penelitian ini menggunakan 55 perusahaan manufaktur nonsampel. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahun 2001 yang terdiri dari neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan return saham harian bulan Juli 2001 s.d Juni 2002. Data laporan keuangan diperoleh dari fasilitas internet dan data return saham harian diperoleh dari MM-UGM Database. Pengujian hipotesis menggunakan model regresi linier dengan metode hedge portofolio yang dikembangkan Sloan (1996). Masing-masing perusahaan diperingkat dan dikelompokkan berdasarkan tingkat akrual abnormal menjadi 6 (enam) kelompok dengan tiap portofolio terdiri dari 7 (tujuh) perusahaan manufaktur. Level signifikansi yang digunakan adalah 5 % dengan two-tailed test.

Pengujian normalitas Kolmogorov-Smirnov menyimpulkan bahwa data dalam penelitian ini berdistribusi normal, sehingga pengujian regresi linier dapat digunakan. Hasil yang diperoleh dengan metode hedge portolio menunjukkan bahwa dengan pendekatan arus kas, didapatkan hasil yang signifikan dengan level signifikansi 5 % yaitu H01 dapat ditolak dan sebaliknya dengan pendekatan neraca tidak diperoleh nilai t yang signifikan dengan level signifikansi tersebut atau H02 diterima.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat mispricing pada akrual abnormal dengan pendekatan arus kas dan mispricing tidak dapat diestimasi dengan pendekatan neraca. Hasil penelitian ini konsisten dengan penelitian Xie (2001) bahwa terdapat mispricing pada akrual abnormal dan konsisten dengan penelitian Collins dan Hribar (2000b) bahwa pendekatan arus kas dapat digunakan untuk mengestimasi mispricing pada akrual dan error dalam mengestimasi mispricing pada akrual dengan pendekatan neraca. Berbeda dengan Xie, penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa di Bursa Efek Jakarta terjadi penilaian yang terlalu rendah (underpricing) terhadap akrual abnormal. Keterbatasan pada penelitian ini adalah periode pengamatan hanya selama satu tahun, dan laporan keuangan tidak lengkap dengan catatan kaki.

Kata Kunci: akrual abnormal, mispricing, abnormal returns, arus kas, neraca, dan model Industri.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis