Penulis Utama : Elsa Sellyana Putri
NIM / NIP : I0114037
×

ABSTRAK 

Kelurahan Sumber merupakan salah satu kelurahan di Kota Surakarta yang berada pada elevasi rendah dan mempunyai outlet saluran yang kurang baik sehingga menyebabkan terjadi banjir. Sungai yang menjadi penyebab banjir adalah Kali Gajah Putih. Banjir di kelurahan Sumber dianalisis dengan melakukan penelusuran banjir dengan metode gabungan O’Donnel-Muskingum Cunge dan pemetaan banjir dengan Sistem Informasi Geografis. Debit banjir rencana yang diperhitungkan adalah Q5, Q10, Q25, Q50, dan Q3 harian. 

Debit banjir rencana pada DAS Kali Gajah Putih dihitung dengan menggunakan metode HSS SCS menghasilkan debit banjir periode ulang 5 Tahun (Q5) adalah 16,780 m3/detik,  debit banjir periode ulang 10 Tahun (Q10) adalah 19,729 m3/detik, debit banjir periode ulang 25 Tahun (Q25) adalah 24,012 m3/detik, debit banjir periode ulang 50 Tahun (Q50) adalah 27,627 m3/detik,  serta debit banjir rencana maksimum akibat hujan 3 harian maksimum bulanan terjadi pada bulan Desember dengan debit rencana sebesar 18,838 m3/detik. Hasil perhitngan debit banjir rencana akan digunakan sebagai input penelusuran banjir. 

Berdasarkan hasil penelusuran banjir dengan metode gabungan O’DonnelMuskingum Cunge pada Kali Gajah Putih didapatkan bahwa tidak terjadi banjir di Kelurahan Sumber akibat hujan pada periode ulang dan hujan 3 harian maksimum bulanan. Peelusuran banjir dilakukan berdasarkan data pengukuran penampang melintang sungai pada bulan April tahun 2018. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa normalisasi sungai yang dilakukan Pemerintah Kota Surakarta pada Kali Gajah Putih dapat mencegah banjir di Kelurahan Sumber akibat meluapnya Kali Gajah Putih. 

Kata kunci:  Kelurahan Sumber, Kali Gajah Putih, HSS SCS, Penelusuran Banjir, Metode Gabungan O’Donnel-Muskingum Cunge, Sistem Informasi Geografis

×
Penulis Utama : Elsa Sellyana Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0114037
Tahun : 2018
Judul : Analisis Banjir Berdasarkan Metode Gabungan O’donnel – Muskingum Cunge dan Pemetaan Banjir di Kelurahan Sumber, Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Tenik - 2018
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Program Studi Teknik Sipil-I0114037-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Rr. Rintis Hadiani, MT
2. Ir. Endah Sitaresmi Suryandari
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.