Penulis Utama : Fatayah Nahdlatul Ummah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0112048
Tahun : 2018
Judul : Evaluasi Kinerja dan Pengembangan Pengolahan Instalasi Pengolahair Limbah (Ipal) Mojosongo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Tenik - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknk Program Studi Teknik-I0112048-2018
Subyek : MOJOSONGO, IPAL, DEBIT, JUMLAH PENDUDUK, JUMLAH PELANGGAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Instalasi Pengolah Air Limbah (IPAL) Mojosongo adalah salah satu unit pengolah air limbah rumah tangga di Kota Surakarta yang berlokasi di Kelurahan Mojosongo. IPAL Mojosongo melayani kawasan bagian utara Kota Surakarta yang meliputi wilayah Mojosongo, Nusukan, dan Kadipiro. Pengolahan air limbah di IPAL Mojosongo dilakukan oleh PDAM Kota Surakarta dengan pengembangan kapasitas pengolahan sebesar 50 L/detik sejak 2011 dan telah melayani 5.425 SR dari pelanggan aktif pada 2015.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi kinerja eksisting dan memprediksi kinerja kuantitatif, terutama debit masukan di IPAL Mojosongo berdasarkan proyeksi pertumbuhan jumlah penduduk dan jumlah pelanggan air limbah di wilayah pelayanan dalam 20 tahun mendatang. Alternatif pengembangan pengolahan air limbah juga diberikan sebagai salah satu solusi jangka panjang dalam konsep pengelolaan air limbah rumah tangga di Kota Surakarta.

Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa kinerja eksisting IPAL Mojosongo dari segi kuantitatif berdasarkan debit air limbah yang mengalir dari 5.425 SR adalah 31 L/detik, sedangkan dari segi kualitatif berdasarkan nilai efisiensi pengolahan dari hasil uji kualitas air limbah adalah 71,31% efisiensi BOD5 dan 60,83% efisiensi COD. Prediksi kinerja kuantitatif, yaitu debit masukan IPAL Mojosongo dalam 20 tahun mendatang berdasarkan jumlah penduduk sebesar 149 L/detik dan berdasarkan jumlah pelanggan sebesar 50 L/detik. Alternatif pengembangan pengolahan air limbah sebagai solusi jangka panjang difokuskan pada pengolahan utama IPAL, yaitu unit aerasi, dengan melakukan perubahan waktu tinggal, perubahan alur sistem pengolahan secara paralel, dan peningkatan jumlah penggunaan aerator.

Kata kunci : Mojosongo, IPAL, debit, jumlah penduduk, jumlah pelanggan

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV bag 1.pdf
Bab IV bag 2.pdf
Bab V.pdf
pernyataan.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Budi Utomo, M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik