Penulis Utama : Zainul Arifin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Identifikasi sektor ekonomi potensial kemampuan Kabupaten Purworejo tahun 1998-2001
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0199074-2003
Subyek : EKONOMI REGIONAL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Era reformasi telah membawa perubahan di bidang pemerintahan yaitu dari pemerintahan sentralistik menuju desentralistik, hal ini ditandai dengan dimulainnya era otonomi daerah. Tujuan diberlakukannya otonomi daerah adalah memberikan keleluasaan yang lebih kepada daerah untuk membangun daerahnya sesuai dengan aspirasi dari masyarakat dan sesuai dengan perundang-undangan. Untuk dapat melaksanakan pembangunan di daerahnya masing-masing maka tiap daerah diharuskan mampu menggali sumberdaya-sumberdaya yang ada di daerahnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sektor-sektor ekonomi potensial yang dapat dijadikan unggulan di Kabupaten Purworejo. Disamping itu penelitian itu juga untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah terhadap pertumbuhan ekonomi di Purworejo dan mengetahui pengaruh dari sektor basis terhadap perekonomian di Purworejo, serta untuk mengetahui corak atau kondisi perekonomian Kabupaten Purworejo dibandingkan dengan corak atau kondisi perekonomian Jawa Tengah. Berdasarkan pada permasalahan tersebut, penulis mengajukan hipotesis yaitu diduga pengaruh pertumbuhan perekonomian Jawa Tengah berpengaruh positif terhadap perekonomian Purworejo, diduga sektor pertanian dan perdagangan merupakan sektor unggulan di Purworejo, diduga kondisi perekonomian Purworejo berada pada kondisi daerah relatif tertinggal. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah PDRB atas dasar harga konstan tahun 1993 dan Jumlah penduduk di Purworejo dan Jawa Tengah dari tahun 1998-2001. Alat analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis S-S klasik, LQ, MRP, Impact Multipliers, dan tipologi klassen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dari pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah terhadap perekonomian di Purworejo, sektor ekonomi yang sangat potensial untuk di kembangkan di Purworejo adalah sektor pertambangan dan sektor angkutan & komunikasi serta sektor keuangan, sewa dan jasa perusahaan. Untuk berikutnya sektor potensial yang masuk kriteria kedua adalah sektor listrik, gas dan air bersih. Dari penelitian ini juga diketahui bahwa pengaruh dari sektor basis terhadap pertumbuhan ekonomi di Purworejo adalah sangat besar dengan angka IM adalah 3.55. Sedangkan corak atau kondisi perekonomian di Kabupaten Purworejo adalah dalam kondisi daerah relatif tertinggal.

Saran yang dikemukakan yaitu disarankan kepada Pemerintah Daerah Purworejo untuk segera meningkatkan pendapatan per kapita masyarakat, mengembangkan sektor unggulan dengan efisien dan efektif, memperhatikan perkembangan dari sektor basis yang ada, menggandeng investor untuk masuk ke Purworejo, memperhatikan sektor pertanian yang mengalami penurunan karena sektor ini merupakan sumber hidup masyarakat Purworejo dan tidak ketinggalan pula disarankan kepada Pemerintah Daerah Purworejo untuk membagun sektor industri serta sarana dan prasarananya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Hari Murti, Msi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis