Penulis Utama : Agung Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Keterangan waktu dalam kalimat tunggal bahasa jawa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0195005-2003
Subyek : BAHASA JAWA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini merupakan penelitian tentang keterangan waktu dalam bahasa Jawa. Penelitian dimaksudkan untuk mendeskripsikan bentuk keterangan waktu, distribusi, dan makna dalam bahasa Jawa.

Sumber data yang digunakan berupa sumber data tulis dan sumber data lisan.. Data tulis berasal dari tabloid Jawa Anyar, majalah Penyebar Semangat, dan majalah Jaya Baya. Populasi dalam penelitian pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, untuk mendapatkan data sesuai dengan kebutuhan dan sifat-sifat tertentu,

Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode distribusional berupa teknik dasar Bagi Unsur Langsung (BUL) dan teknik lanjutan adalah teknik subtitusi, ekspansi dan permutasi, untuk mengetahui sejauh mana peranan penanda keterangan waktu dalam bahasa Jawa dalam membentuk suatu kalimat tunggal.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penanda keterangan waktu berdasarkan bentuknya dapat dibedakan yaitu keterangan waktu berbentuk kata monomorfemik dan kata polimorfemik dengan adanya afik {-e}, sufik {-ipun}, dan prefiks {se-}, dan keterangan waktu yang berbentuk kata ulang. Keterangan waktu yang berbentuk frase berupa frase endosentrik koordinatif yaitu, frase endosentrik atributif dan frase endosentrik apositif dan frase eksosentrik. Distribusi keterangan waktu yang dapat menduduki posisi di awal, tengah, dan akhir kalimat, serta makna yang menunjukkan tentang waktu mendatang, waktu lampau dan waktu kini.

Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi para pembaca khususnya yang berminat pada kalimat tunggal dalam keterangan waktu bahasa Jawa. Selain itu, peneliti juaga berharap semoga penelitian ini bermanfaat bagi penelitian lain, khususnya penelitian bahasa Jawa.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Y. Suwanto, M.Hum
2. Drs. Sis Wahono Basuki
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa