Penulis Utama : Dewi Indrawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Ragam bahasa dalam iklan acara di radio JPI FM : suatu tinjauan sosiolinguistik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0298021-2003
Subyek : BAHASA-GAYA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif tentang ragam bahasa dalam iklan acara di Radio JPI FM. Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan ragam bahasa dan peristiwa campur kode, alih kode, interferensi serta bentuk-bentuk pengutaraan (tindak tutur) bahasa iklan acara di Radio JPI FM.

Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Sampel yang ditentukan adalah tuturan-tuturan dalam iklan acara di Radio JPI FM yang direkam dari tanggal 25 Maret 2002 hingga 3 April 2002. Data yang diperoleh terdiri atas 20 buah judul iklan acara dengan 306 dialog. Pemilihan 20 judul ini mengingat data yang diambil hanya yang mengandung campur kode, alih kode, dan interferensi.

Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ragam bahasa yang terdapat dalam iklan acara di Radio JPI banyak menggunakan ragam informal, penuh dengan improvisasi yang dikemas dalam bentuk humor. Hal ini tidak terlepas dari  faktor sosiokultural dan situasional yang terwujud dalam campur kode, alih kode, dan interferensi serta bentuk-bentuk tindak tutur yang unik.

Adanya penggunaan campur kode terutama campur kode kata dilatarbelakangi oleh daerah dan budaya penutur dan pendengar serta untuk menegaskan maksud. Alih kode muncul karena hadirnya penutur ketiga, untuk bergengsi dan untuk membangkitkan rasa humor. Adanya interferensi dilatarbekangi sebagai wujud realisasi pemakaian struktur dari bahasa Jawa, untuk mengimbangi lawan  tutur, menambah gengsi dan untuk menciptakan suasana humor. Kekhasan ragam bahasa dalam iklan acara di Radio JPI FM lebih banyak diwarnai dengan permainan kata, penggunaan idiom, pemakaian partikel dan interjeksi, serta dimunculkannya bentuk plesetan

Penggunaan tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi merupakan tindak ujaran yang bertujuan untuk menyatakan secara tepat apa yang dimaksudkan penutur. Oleh sebab itu penutur dalam hal ini pembuat iklan, menuturkannya dalam kalimat yang unik disesuaikan dengan konteks tuturannya yang berupa pernyataan, pertanyaan dan perintah.

Tindak tutur dianalisis berdasarkan maksudnya dari tinjauan sosiolinguistik. Baik lokusi, ilokusi, maupun perlokusi juga mengambil peran dalam pembuatan iklan acara di Radio JPI FM. Tindak tutur lokusi dan ilokusi dipergunakan mengingat tujuan iklan adalah menginformasikan pesan agar dapat dimengerti sehingga pendengar berbuat seperti yang diminta pengiklan. Adapun tindak tutur perlokusi digunakan sebagai daya persuasif kepada pendengar.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Kunardi Hardjoprawiro, M. Pd
2. Drs. Hanifullah Syukri, M. Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa