Penulis Utama : Mustakhim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Perkembangan Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum di Desa Purwogondo Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara tahun 1972-2000
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Sastra NIM.C0595035-2003
Subyek : MANAJEMEN DAN ORGANISASI SEKOLAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh jawaban mengenai: (1) Latar belakang berdirinya Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum di Purwogondo Kalinyamatan Jepara, (2) Perkembangan Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum di Purwogondo Kalinyamatan Jepara Tahun 1972-2000, (3) Peranan Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum terhadap masyarakat Purwogondo.

Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan studi dokumen, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode historis melalui tahap-tahap, heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Penelitian ini bersifat kualitatif yang terwujud dalam bentuk laporan penulisan yang deskriptif analitis yang berusaha mendeskripsikan serta menganalisis setiap kondisi yang berkaitan dengan perkembangan Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum di Purwogondo Kalinyamatan Jepara selama tahun 1972-2000.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum berdiri sebagai kelanjutan dari Madrasah Menegah Pertama (MMP) Darul Ulum. Berubahnya MMP menjadi Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum disebabkan adanya permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh MMP Darul Ulum yang meliputi bidang kurikulum, siswa dan administrasi. Latar belakang berdirinya Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum adalah keinginan dan cita-cita Yayasan Perguruan Islam Darul Ulum untuk memberikan pendidikan tingkat menengah yang berdasarkan Islam kepada masyarakat Purwogondo.

Dalam perkembangannya, Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum telah mengalami kemajuan-kemajuan, yakni dalam bidang pendidikan, siswa, guru dan status madrasah. Di bidang pendidikan, Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum mengacu pada kurikulum Madrasah Tsanawiyah dari Departemen Agama. Di bidang siswa dan guru, jumlah siswa dan guru terus mengalami peningkatan. Dalam bidang status madrasah sejak tahun 1997 Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum berstatus disamakan.

Peranan Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum terhadap masyarakat Purwogondo meliputi tiga bidang, yaitu bidang pendidikan, bidang agama dan bidang ekonomi. Dalam bidang pendidikan Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum menjadi lembaga pendidikan alternatif bagi masyarakat Purwogondo. Dalam bidang agama, Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum menjadi tempat dakwah dan kegiatan keagamaan masyarakat Purwogondo. Dalam bidang ekonomi, masyarakat di sekitar Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum memperoleh peningkatan penghasilan dari usaha membuka warung serta toko buku dan alat tulis kantor.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Suharyana, M.Pd
2. Dra. Isnaini W.W, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa