Penulis Utama : Basuki
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2002
Judul : Kerja wajib dan distribusi ekonomi petani tahun 1991-1995 (laku gawe dan perubahan sosial ekonomi masyarakat Desa Kendalrejo Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2002
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Sastra NIM.C0595013-2002
Subyek : EKONOMI PEDESAAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian Kerja Wajib dan Distribusi Ekonomi Petani Tahun 1991-1995 adalah penelitian yang menggunakan metode deskriptif analitis dan pendekatan historis. Pendekatan historis bertujuan mengkaji fenomena-fenomena yang ditemukan dalam data secara kronologis.

Sumber penelitian ini adalah arsip yang berupa surat keputusan, dokomen-dokumen Laku Gawe, dan sumber lisan berupa kesaksian-kesaksian dari pelaku sebagai sumber Primer. Sebagai sumber sekunder, peneliti menggunakan buku-buku yang berisi persoalan yang berkaitan.

Di dalam penelitian ini penulis berusaha mengungkapkan fenomena Laku Gawe yang terjadi di desa Kendalrejo kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Di dalam mengungkapkan fenomena tersebut penulis membahas latarbelakang terjadinya Laku Gawe, dampak sosial ekonomi Laku Gawe terhadap masyarakat dimana Laku Gawe diberlakukan, serta korelasinya terhadap studi Sejarah Lokal.

Dalam penelitian ini penulis menemukan bahwa Laku Gawe adalah manifestasi dari kerja wajib yang dahulu merupakan tradisi turun temurun masyarakat desa. Dalam penelitian ini penulis menemukan adanya perbedaan antara Laku Gawe dan kerja wajib. Perbedaan tersebut pada dasarnya dipengaruhi oleh perbedaan aturan yang berlaku pada masing-masing periode. Penulis juga menemukan bahwa Laku Gawe oleh pemerintah desa Kendalrejo selain untuk menambah upah aparat desa, juga dipergunakan untuk mengontrol status sosial dan ekonomi masyarakat desa Kendalrejo.

Dalam pelaksanaannya petani atau sikep-lah yang menanggung beban terberat. Lahan mereka yang sempit dipaksa untuk menghidupi pemilik dan kaum elit desa.

Berdasar hal-hal tersebut diatas penulis dapat sedikit mengungkapkan hubungan sejarah fenomena Laku Gawe yang terjadi di desa Kendalrejo kecamatan Pituruh kabupaten Purworejo sehingga dapat dijadikan input untuk studi Sejarah Nasional Indonesia.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Suhardi, MA.
2. Dra. Sri Sayekti, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa