Penulis Utama : Widi Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Kertas Blabak Magelang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1200056-2003
Subyek : KOPERASI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Organisasi merupakan suatu wadah yang memungkinkan masyarakat untuk mencapai tujuan yang tidak dapat dicapai secara individu. Faktor manusia mempunyai peranan penting dalam mencapai tujuan perusahaan. Prestasi kerja sangat penting dalam menjalankan aktivitas organisasi karena prestasi kerja merupakan hasil pelaksanaan suatu pekerjaan baik yang bersifat materi maupun non materi. Perusahaan juga mengharapkan bahwa prestasi kerja dapat meningkatkan produktivitas dan memberi keuntungan. Banyak faktor yang menimbulkan prestasi kerja diantaranya faktor kompensasi dan lingkungan kerja. Apabila kedua faktor tersebut diperhatikan maka akan meningkatkan prestasi kerja. Untuk itu penulis mengadakan penelitian dengan judul “Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Kertas Blabak Magelang”.

Adapun perumusan masalah yang diajukan “Bagaimana pengaruh variabel kompensasi dan lingkungan kerja baik secara individu maupun secara bersama-sama terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Kertas Blabak Magelang?”. Sedang tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel kompensasi dan lingkungan kerja baik secara individu maupun secara bersama-sama terhadap prestasi kerja karyawan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumber keilmuan bagi peneliti dalam masalah yang sama atau terkait di masa yang akan datang dan diharapkan dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi PT. Kertas Blabak Magelang untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan.

Hipotesis yang dikemukakan adalah diduga bahwa variabel kompensasi dan lingkungan kerja baik secara individual maupun secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi kerja karyawan.

Metode yang digunakan adalah metode survey, dan teknik pengambil sampel yang digunakan adalah Propotional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang karyawan bagian produksi. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Model analisis kuantitatif yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji statistik yang terdiri dari uji T dan uji F.

Dengan analisis data pada taraf signifikasi 5% diperoleh persamaan regresi Y = 34,987 + 0,406 x1 + 0,791 x2. Dari uji t diketahui thitung variabel kompensasi sebesar 2,016, variabel lingkungan kerja sebesar 3,762. Sedang ttabel sebesar 1,96.

Dari uji F diketahui Fhitung dari variabel kompensasi dan lingkungan kerja sebesar 159,158 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,15. Dari analisis data-data tersebut dapat diambil kesimpulan : 1) Sebagian besar responden menyatakan bahwa kompensasi yang diterapkan perusahaan telah sesuai dengan keinginan karyawan. 2) Sebagian besar responden menyatakan bahwa lingkungan kerja di perusahaan PT. Kertas Blabak Magelang menyenangkan. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompensasi dan lingkungan kerja karyawan terhadap prestasi kerja karyawan baik secara individual maupun secara bersama-sama.

Karena variabel kompensasi dan lingkungan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi kerja karyawan maka perusahaan hendaknya meningkatkan fasilitas-fasilitas yang berhubungan dengan kompensasi dan lingkungan kerja.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Soemarjati TJ, MM.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis