Penulis Utama : Rosalia Dwi Isharwanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis rasio keuangan dengan probalistic model untuk memprediksi kebangkrutan bank di Indonesia (studi terhadap kasus likuidasi Bank Swasta Nasional Indonesia tahun 1997-2000)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0395057-2003
Subyek : BANK DAN PERBANKAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pentingnya informasi mengenai kesinambungan kelangsungan usaha perusahaan (dalam penelitian ini adalah bank) bagi para nasabah, investor, kreditor, pemerintah maupun lembaga yang terkait dengan usaha bank, menemukan model analisa rasio keuangan yang tepat yaitu dengan Probabilistic Model, yang mampu digunakan untuk memprediksi kebangkrutan bank di Indonesia.

Sampel penelitian ini adalah bank yang bangkrut maupun yang tidak bangkrut yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) yang pemilihannya dilakukan dengan purposive sampling. Kriteria yang ditetapkan adalah, untuk bank bangkrut masih melakukan aktivitas perdagangan selama tiga tahun terakhir hingga tanggal kebangkrutan. Untuk bank yang tidak bangkrut, terdaftar dan melakukan perdagangan secara berturut-turut selama periode penelitian. Variabel prediksi yang digunakan adalah SIZE untuk menilai ukuran perusahaan, CLCA untuk mengukur likuiditas, TLTA untuk melihat struktur hutang yang dimiliki bank, TANI dan CHANGE untuk mengukur profitabilitas bank. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Linear Probability Model (LPM) yang merupakan salah satu model untuk memprediksi probabilitas suatu kejadian.

Dari penelitian ini dihasilkan bahwa, secara keseluruhan model prediksi dengan Linear Probability Model (LPM) layak untuk dijadikan model prediksi kebangkrutan bank di Indonesia dalam satu dan dua tahun sebelum terjadinya kebangkrutan. Variabel yang paling kuat signifikasinya dalam menentukan bakal terjadinya kebangkrutan bank dengan model ini adalah TLTA dan SIZE. Akurasi hasil prediksi dari penelitian ini adalah sebesar 50% untuk prediksi dalam satu tahun dan 89% untuk prediksi dalam dua tahun. Pada prediksi dalam satu tahun ada beberapa hasil yang sulit untuk dijelaskan karena hasil prediksinya menyatakan bahwa beberapa yang yang tidak bangkrut terprediksi bangkrut. Penelitian ini semata-mata dilakukan berdasar laporan keuangan publikasi. Dalam penelitian selanjutnya baik untuk dipikirkan bagaimana pengaruh faktor-faktor selain angka-angka dalam laporan keuangan dalam menetukan akan terjadinya kebangkrutan pada suatu bank.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis