Penulis Utama : Bambang Sasongko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Studi tentang permintaan jasa wartel di Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0195030-2003
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permintaan akan sarana dan prasarana telekomunikasi makin bertambah jumlahnya. Dengan semakin bertambahnya permintaan akan sarana dan prasarana telekomunikasi ini banyak pula bermunculan wartel. Agar dapat tetap tumbuh dan berkembang perusahaan harus memperoleh laba dalam menghasilkan barang atau jasa. Pengusaha perlu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan konsumen dalam usahanya menarik konsumen agar bersedia menggunakan jasa. Faktor-faktor tersebut adalah kepentingan, lokasi, kenyamanan dan kamar bicara. Kegunaan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap konsumen wartel.

Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan menentukan lokasi penelitian yaitu di Kecamatan Kartasura. Data penelitian diperoleh melalui angket yang disebarkan kepada 40 responden. Pengambilan sampel dilakukan secara incidental random sampling yaitu pelanggan yang kebetulan ditemui peneliti di wartel. Sebelum dilakukan penelitian yang sebenarnya terlebih dahulu dilakukan validasi yaitu menguji ketepatan item dalam menggunakan alat ukur (kuesioner) dan reliabilitas untuk mengukur konsistensinya sebagai alat ukur. Item pertanyaan yang valid dan reliable selanjutnya dipergunakan sebagai instrumen penelitian.

Setelah dilakukan analisis terhadap data yang terkumpul dengan menggunakan chi kuadrat (chi square) diperoleh kesimpulan bahwa faktor kepentingan, lokasi, kenyamanan dan kamar bicara mempunyai pengaruh signifikan terhadap konsumen wartel. Jadi faktor-faktor tersebut mempengaruhi pertimbangan konsumen untuk menggunakan jasa wartel.

Disarankan kepada pengusaha wartel untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan dengan memperhatikan faktor-faktor diatas. Apabila konsumen merasa pelayanan jasa wartel semakin baik, maka konsumen tersebut akan menjadikan wartel tersebut sebagai alternatif pertama untuk memenuhi kebutuhannya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Nunung Sri Mulyani
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis