Penulis Utama : Gatu Shanti Aji Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis perilaku konsumen pada perusahaan jasa angkutan taksi koperasi sopir transportasi (KOSTI) Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3200021-2003
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Semakin pesatnya persaingan didunia usaha menuntut sebuah perusahaan harus benar-benar tahu produk apa yang menjadi menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen, untuk itu perusahaan harus memperhatikan kegiatan pemasaran yang digunakan dengan tepat agar mampu bersaing dengan pesaing dan mampu memasuki pasar sasaran.

Tidak berbeda halnya dengan usaha dalam sektor jasa, sektor jasapun membutuhkan kegiatan pemasaran,akan tetapi kegiatan pemasaran sektor jasa berbeda dengan sektor produk. Pemasaran jasa lebih memfokuskan pada interaksi antara penjual jasa dengan konsumen sebagai pengguna/pemakai jasa yang ditawarkan.berhasil atau tidaknya konsumen dalam melakukan proses pembelian,melakukan pengulangan pembelian dan bertahannya pelanggan adalah salah satu tanggungjawab penjual jasa dalam berinteraksi dengan konsumen, guna mencapai keberhasilan tersebut penjual jasa harus benar-benar tahu dan paham dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Dalam usaha memahami konsumen bukanlah yang mudah bagi penjual jasa, dalam hal ini penjual jasa tahu dan paham dari karakter dan perilaku konsumen yang dihadapinya.Seperti halnya jasa transportasi khususnya jasa trasportasi pertaksian, penjual jasa yang terkait secara aktif dan langsung berinteraksi dengan konsumen harus benar-benar meniliti apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pengguna taksi, untuk meniliti kebutuhan dan keinginan konsumen penjual jasa terlebih dahulu meniliti karakter dan perilaku konsumen pengguna jasa taksi tersebut.

Karena jasa merupakan produk yang sifatnya intangible (tak berwujud) yang mutu dan kualitas jasa yang ditawarkan tidak dapat dilihat, diraba, dicium,atau disentuh oleh konsumen pengguna/pemakai jasa.Guna menunjukkan mutu dan kualitas jasa yang ditawarkan penjual jas menyediakan berbagai fasilitas dan pelayanan yang terbaik yang sekira dapat menarik dan memberikan kepuasan kepada konsumen pengguna/pemakai jasa. Tingkat kepuasan yang dirakan konsumen merupakan salah satu wujud dari mutu dan kualitas jasa yang ditawarkan,dan semakin banyaknya konsumen merupakan salah satu wujud dari keberhasilan penjual jasa dalam bersaing dengan pesaing yang dihadapinya.

Tujuan dari diadakannya penelitian mengenai perilaku konsumen ini adalah untuk mengetahui gambaran yang jelas mengenai sistem dan prosedur pelayanan yang diberikan oleh pihak KOSTI SOLO apakh sudah sesuai dengan yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen pengguna taksi KOSTI SOLO. Metodologi penelitian yang digunakan penulis dalam meniliti adalh dengan menggunakan angket yaitu penyebaran kuesioner kepada konsumen pengguna taksi KOSTI SOLO.

Tata cara penyampaian pelayanan taksi KOSTI SOLO dilakukan oleh karyawan KOSTI SOLO yang secara aktif dan langsung berinteraksi dengan konsumen, para karyawan, staf, pimpinan yang tidak terlibat secar aktif dan langsung dengan konsumen tidak dapat dinilai sebagi salah satu pendukung dalam pemberian pelayanan.

Hasil penelitian yang dilakukan penulis terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak KOSTI SOLO adalah baik, hal ini terbukti dari hasil penilaian konsumen taksi KOSTI SOLO dalam dimensi kecepatan pelayanan karyawan yang terkait dalam melayani konsumen, fasilitas yang ada yang mampu memberikan rasa nyaman konsumen sebagai pengguna taksi KOSTI SOLO, dan harga/tarif yang ditetapkan oleh perusahaan taksi KOSTI SOLO melalui pengisian kuesioner yang diberikan oleh peneliti.

Rekomendasi yang dapat penulis sampaikan pada hasil penelitian adalah pihak KOSTI SOLO harus mempertahankan keunggulan yang dimiliki sebagai salah satu faktor untuk menarik konsumen dan sebagai salah satu usaha untuk bersaing mengalahkan pesaing,sebagai konsumen pengguna jasa taksi KOSTI SOLO dan untuk kenyamanan konsumen dalam menggunakan jasa, konsumen wajib memberikan saran dan kritik yang membangun KOSTI SOLO.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis