Penulis Utama : Yuni Sri Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Evaluasi penghitungan SPT tahunan PPH badan pada pusat koperasi pegawai republik indonesia kabupaten wonogiri tahun pajak 2002
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3400059-2003
Subyek : PAJAK PENGHASILAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah bahwa koperasi sebagai Wajib Pajak badan kadang belum mampu menghitung sendiri PPh terutangnya dengan benar. Kesalahan ini disebabkan oleh keterbatasan pengurus koperasi akan pemahaman di bidang perpajakan, sehingga berakibat munculnya kesalahan-kesalahan dalam penghitungan dan pengisian SPT Tahunan PPh Badan. Permasalahan yang akan dibahas adalah berapakah besarnya PPh yang sebenarnya terutang setelah dilakukan rekonsiliasi fiskal terhadap laporan keuangan komersial dan bagaimana pengaruh rekonsiliasi fiskal terhadap SPT Tahunan PPh Badan yang telah disampaikan oleh PKPRI kabupaten Wonogiri pada tahun pajak 2002.

Tujuan penelitian ini antara lain adalah untuk mengetahui kebenaran penghitungan SPT Tahunan PPh Badan PKPRI kabupaten Wonogiri tahun pajak 2002 dan agar bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan langsung dengan hasil penelitian. Penulis melakukan penelitian dengan cara merekonsiliasi fiskal terhadap laporan keuangan komersial tahun 2002 sehingga dihasilkan pajak terutang sebenarnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pajak yang terutang sebenarnya sebesar Rp 8.816.934,00 sedangkan pajak yang dibayar oleh PKPRI kabupaten Wonogiri adalah sebesar RP 12.355.433,00. PPh Pasal 25 yang telah disetor adalah sebesar Rp 10.050.000,00 sehingga dari penghitungan pajak menurut akuntansi dan fiskal terdapat pajak lebih bayar sebesar Rp 3.538.499,00. Hal ini disebabkan PKPRI kabupaten Wonogiri belum melakukan rekonsiliasi fiskal terhadap laporan keuangan komersial sehingga terjadi perbedaan pengakuan pendapatan dan biaya antara Standar Akuntansi Keuangan dan peraturan perundang-undangan perpajakan. Kelebihan yang ditemukan dari penelitian ini adalah bahwa PKPRI kabupaten Wonogiri telah melaporkan SPT Tahunan PPh-nya sebelum batas waktu pelaporan yaitu tanggal 31 Maret 2002 dan pembayaran PPh Pasal 25 sebelum tanggal 15 bulan takwim berikutnya setelah berakhirnya masa pajak.

Saran yang diberikan penulis adalah sebaiknya para pegawai dan pengurus PKPRI kabupaten Wonogiri mengikuti seminar-seminar perpajakan atau melalui Brevet-Brevet yang diadakan oleh instansi pendidikan tertentu. Hal ini dimaksudkan agar para pengurus koperasi mengetahui lebih banyak lagi tentang seluk beluk perpajakan dan bisa melakukan penghitungan pajaknya dengan benar.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis