Penulis Utama : Ueis Yunita Ardi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis laporan keuangan untuk menilai kondisi keuangan dan kinerja perusahaan daerah propinsi jawa tengah unit pabrik penggergajian kayu wirosari tahun 1998 s.d. 2002
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.FF 3300017-2003
Subyek : ANALISA LAPORAN KEUANGAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pabrik Penggergajian Kayu Wirosari merupakan salah satu Perusahaan Daerah Propinsi Jawa Tengah di mana asset dan modalnya adalah milik Pemerintah Daerah Propinsi Jawa Tengah. Pada awalnya, Pabrik Penggergajian Kayu Wirosari berusaha dalam bidang penggergajian kayu, dan order diperoleh dari Perhutani berdasarkan kontrak kerja. Kemudian, pada pertengahan bulan Mei 2001, perusahaan memulai usahanya dalam bidang jasa gesek dan penjualan kayu. Dengan adanya persaingan pasar yang begitu ketat, khususnya di Kabupaten Purwodadi, yaitu banyaknya kayu jarahan yang mengakibatkan turunnya harga pasar, maka perusahaan memerlukan kebijaksanaan yang sesuai dengan perkembangan lingkungan.

Berdasarkan uraian di atas, maka penulis mencoba melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui posisi keuangan dan menilai kinerja keuangan Unit Pabrik Penggergajian Kayu Wirosari dalam lima tahun terakhir. Dalam pencapaian tujuan tersebut, penulis menggunakan jenis analisis horisontal dan vertikal, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis rasio, analisis common size, analisis indeks, analisis laporan arus kas. Rasio keuangan yang biasa digunakan terdiri dari dua jenis, yaitu rasio neraca dan rasio laporan laba rugi atau rasio laporan laba rugi/neraca. Rasio neraca dibagi menjadi dua: rasio likuiditas dan rasio leverage (utang), sedangkan jenis rasio yang kedua dibagi menjadi menjadi tiga: coverage ratio, rasio aktivitas, dan rasio laba.

Setelah dilakukan analisis, penulis menemukan bahwa perusahaan memiliki tingkat likuiditas yang cukup baik dalam lima tahun, sedangkan untuk rasio leverage mengalami perbaikan di tahun 2002. Perusahaan mempunyai tingkat perputaran piutang yang semakin cepat, sedangkan untuk tingkat perputaran persediaan terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Meskipun selama kurun waktu lima tahun perusahaan memiliki fluktuasi yang cukup berarti dalam perolehan laba, tetapi pada tahun 2002, perusahaan telah menghasilkan laba yang cukup tinggi. Berdasarkan analisis common size dan analisis indeks, maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan mengalami kenaikan dan penurunan yang cukup signifikan pada setiap komponen neraca maupun laporan laba rugi. Dari hasil analisis terhadap laporan arus kas menunjukkan bahwa arus kas yang dari aktivitas operasi dan aktivitas investasi terus mengalami penurunan, sedangkan arus kas pada aktivitas pendanaan terus mengalami peningkatan. Dari kelemahan-kelemahan yang ditemukan, maka penulis menyarankan agar perusahaan mengelola persediaannya secara lebih efesien dan menambah arus kas masuk dari kegiatan operasi dengan lebih banyak melakukan penerimaan kas.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Mutmainah, M.Si., Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis