Penulis Utama : Heri Wijayanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis hubungan faktor harga, kualitas distribusi, promosi dan prestasi dengan keputusan konsumen dalam pembelian rokok merek sampoerna a mild di Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0295073-2003
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Rokok Sampoerna A Mild adalah pioner rokok ringan dalam kadar tar dan nikotin yang meraih sukses dan mampu bertahan sampai saat ini di Indonesia. Berbagai merek rokok ringan bermunculan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memperebutkankan pangsa pasar rokok ringan .

Penelitian ini mencoba untuk menganalisis hubungan antara faktor harga, kualitas, distribusi, promosi dan prestise dengan keputusan pembelian rokok merek Sampoerna A Mild di Yogyakarta.

Permasalahan dalam penelitian ini terkait dengan hal di atas , yaitu apakah ada hubungan antara faktor harga, kualitas, distribusi, promosi, dan prestise dengan keputusan pembelian rokok merek Sampoerna A Mild di Yogyakarta dan dari masing-masing hubungan tersebut , mana yang mempunyai hubungan yang paling erat.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara faktor harga, kualitas, distribusi, promosi dan prestise dengan keputusan pembelian rokok merek Sampoerna A Mild di Yogyakarta dan untuk mengetahui hubungan yang paling erat diantara masing-masing hubungan tersebut.

Hipotesis yang terkait dengan penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara faktor harga, kualitas, distribusi, promosi, dan prestise dengan keputusan kepuasan pembelian produk Sampoerna A Mild dan faktor kualitas mempunyai hubungan yang paling erat dibandingkan faktor-faktor lainnya dengan keputusan kepuasan pembelian produk Sampoerna A Mild.

Besarnya sampel yang diambil dalam penelitian ini sebesar 100 responden konsumen rokok Sampoerna A Mild dengan menggunakan metode area sampling method. Untuk keperluan dalam analisis data yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan ke responden, digunakan alat analisis yaitu Chi-square (X2) dan Koefisien Kontingensi dengan a=5%. Untuk lebih memudahkan dalam perhitungan digunakan alat bantu komputer dengan program SPSS.

Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa harga mempunyai hubungan yang signifikan dengan keputusan pembelian, dengan nilai X2 hitung (25,096) lebih besar dari X2tabel (9,488). Kualitas mempunyai hubungan yang signifikan dengan keputusan pembelian, dengan nilai X2hitung (38,027) lebih besar dari X2tabel (9,488). Distribusi mempunyai hubungan yang signifikan dengan keputusan pembelian, dengan nilai X2 hitung ( 27,296 ) lebih besar dari X2 tabel (9,488). Promosi mempunyai hubungan yang signiffikan dengan keputusan pembelian , dengan nilai X2 hitung (26,567) lebih besar dari X2 tabel (9,488). Prestise mempunyai hubungan yang signifikan dengan keputusan pembelian , dengan nilai X2 hitung (14,113) lebih besar dari X2 tabel (9,488).

Dari perhitungan koefisien kontingensi dapat diketahui bahwa , pada variabel harga dengan keputusan pembelian, Chitung (0,448) dan Cmaks (0,816), maka selisihnya adalah 0,368. Variabel kualitas dengan keputusan pembelian, Chitung (0.525) dan Cmaks (0.816) maka selisihnya 0,291 .Variabel distribusi dengan keputusan pembelian, Chitung (0,463) dan Cmaks (0.816) , maka selisihnya 0,353. Variabel promosi dengan keputusan pembelian , dengan Chitung (0,458) dan Cmaks (0,816) , maka selisihnya 0,352. Variabel prestise dengan keputusan pembelian, Chitung (0,352) dan Cmaks (0,816) , maka selisihnya 0,464. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa hubungan yang paling kuat adalah hubungan antara kualitas dengan keputusan pembelian.

Pada bagian akhir penulisan ini, berdasarkan hasil pengujian maka penulis menyarankan kepada perusahaan untuk : 1. Kualitas, perusahaan terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk. 2. Distribusi, perusahaan tetap menjaga kelancaran dan pemerataan ditribusi produk. 3. Promosi, perusahaan terus mengembangkan kegiatan-kegiatan promosi yang menarik dan kreatif. 4. Harga, perusahaan tetap mempertahankan harga yang sekarang dan selalu memperhatikan kompetitor. 5. Prestise, perusahaan terus meningkatkan citra produk kepada konsumen.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Muh. Amin Gunadi, MP
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis