Penulis Utama : Endang Triningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Pengaruh atribut kepribadian terhadap organizational citizenship behavior studi pada karyawan PT. Pondok Solo Permai, Solo Baru Sukoharjo tahun 2003
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0299005-2003
Subyek : MANAJEMEN PERSONALIA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini mengintegrasikan variabel atribut kepribadian dalam suatu kerangka kerja yang akan menjelaskan dan memprediksi Organizational Citizenship Behavior. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh variabel atribut kepribadian terhadap Organizational Citizenship Behavior. Sehubungan dengan masalah tersebut diajukan hipotesis sebagai berikut : (1) Locus of Control mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior. (2) Machiavellianism mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior. (3) Self Esteem mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior. (4) Self Monitoring mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior. (5) Risk Taking mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior. (6) Type A/B Personality mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior. (7) Locus of Control, Machiavellianism, Self Esteem, Self Monitoring, Risk Taking, dan Type A/B Personality secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior.

Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Pondok Solo Permai yang berjumlah 140 orang. Sampel yang digunakan sebesar 50% dari populasi dengan teknik convenience sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Multiple Regression Analysis dengan software SPSS 11.00.

Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Locus of Control tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior, hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar –1.636 dengan tingkat signifikansi .107.(2) Machiavellianism mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior, hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar 4.093 dengan tingkat signifikansi .000. (3) Self Esteem mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior, hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar 5.885 dengan tingkat signifikansi .000. (4) Self Monitoring tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior, hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar .132 dengan tingkat signifikansi .896. (5) Risk Taking tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior, hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar 1.386 dengan tingkat signifikansi .171. (6) Type A/B Personality tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior, hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar .688 dengan tingkat signifikansi .494. (7) Locus of Control, Machiavellianism, Self Esteem, Self Monitoring, Risk Taking, dan Type A/B Personality secara bersama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior, hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 8.586 dengan tingkat signifikansi .000.

Dari bukti-bukti di atas dapat disimpulkan bahwa atribut kepribadian memang memberi pengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior. Namun, dalam penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak faktor lain yang mempengaruhi Organizational Citizenship Behavior, hal ini ditunjukkan oleh angka koefisien determinasi (R2) sebesar 45% dengan demikian 55% Organizational Citizenship Behavior diterangkan oleh faktor lain. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif Machiavellianism terhadap OCB, untuk itu perusahaan perlu berhati-hati dalam menilai tindakan karyawan sebagai OCB. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Self Esteem mempunyai pengaruh positif terhadap OCB, untuk itu bila perusahaan ingin meningkatkan OCB, maka perusahaan harus meningkatkan Self Esteem karyawan. Locus of Control, Self Monitoring, Type A/B Personality, dan Risk Taking tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap OCB, untuk itu pengaruh atribut kepribadian tersebut dapat tidak dipertimbangkan dalam upaya untuk meningkatkan OCB karyawan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Salamah Wahyuni, SU.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis