Penulis Utama : Taufik Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Determinan tingkat suku bunga pinjaman di Indonesia tahun 1983-2002
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0199066-2003
Subyek : BUNGA (RIBA)
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji seberapa besar pengaruh faktor suku bunga internasional SIBOR, jumlah uang beredar, inflasi, suku bunga Sertifikat Bank Indonesia dan Produk Domestik Bruto terhadap tingkat suku bunga pinjaman di Indonesia. Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah tingkat suku bunga internasional SIBOR, jumlah uang beredar (M1), tingkat inflasi, suku bunga Sertifikat Bank Indonesia, dan Produk Domestik Bruto berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat suku bunga pinjaman di Indonesia pada tahun 1983 – 2002.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder runtut waktu (time series) mulai tahun 1983 – 2002. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah dengan menggunakan pendekatan model koreksi kesalahan (Error Correction Model) dengan menggunakan transformasi data ke dalam bentuk natural logaritma (Ln) dan tanpa bentuk Ln. Setelah diadakan uji model dan dilakukan pemilihan model terbaik maka model ECM dengan fungsi bentuk Ln lebih tepat baik secara teoritis maupun secara statistik digunakan dalam menganalisis determinan tingkat suku bunga pinjaman di Indonesia. Dalam analisis determinan tingkat suku bunga berdasarkan teori moneter yang menyatakan bahwa tingkat suku bunga suatu negara dengan kondisi perekonomiannya semi terbuka dipengaruhi oleh dua hal, yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal adalah tingkat suku bunga internasional SIBOR dan faktor internal meliputi jumlah uang beredar, tingkat inflasi, tingkat suku bunga Sertifikat Bank Indonesia, dan Produk Domestik Bruto.

Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa dalam taraf keyakinan 95%, pendekatan model dengan menggunakan ECM menghasilkan model yang valid terhadap tingkat suku bunga pinjaman baik jangka pendek maupun jangka panjang. Hal ini ditunjukkan oleh nilai ECT (Error Correction Term) yang signifikan pada a £ 5%. Faktor eksternal tingkat suku bunga SIBOR berpengaruh terhadap tingkat suku bunga pinjaman baik jangka pendek maupun jangka panjang. Faktor internal jumlah uang beredar dan tingkat inflasi jangka panjang berpengaruh terhadap tingkat suku bunga pinjaman, dan suku bunga Sertifikat Bank Indonesia dan Produk Domestik Bruto jangka pendek berpengaruh terhadap tingkat bunga pinjaman di Indonesia tahun 1983 – 2002.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan beberapa kebijakan yang dapat ditempuh yaitu : otoritas moneter, dalam hal ini adalah Bank Indonesia harus memperhatikan faktor luar negeri dalam mempengaruhi tingkat bunga dan menciptakan pasar uang yang terintegrasi secara penuh terhadap pasar uang luar negeri dengan mengembangkan pasar modal domestik dengan baik dan menambah informasi untuk luar negeri mengenai perusahaan dalam negeri, Bank sentral harus lebih berhati-hati dalam menentukan tingkat bunga SBI karena pengambilan yang salah dapat mengakibatkan kontraproduktif pada kebijakan yang lain. Tingkat suku bunga pinjaman harus kondusif untuk mendorong sektor riil di Indonesia dan dapat memobilisasi dana kepada masyarakat .

Keyword : 1. Interest rate

2. Amount of money supply

3. Inflation rate

4. Gross Domestic Product

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis