Penulis Utama : Bethy Kusrini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih sabun mandi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3200096-2003
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Produk adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan pada sebuah pasar agar diperhatiakan, diminta, dipakai dan dikonsumsi sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan. Dalam produk diperlukan kualitas, gaya merk dagang, pembungkusan, ukuran servis dan jaminan. Keberhasilan suatu produk akan dipengaruhi pula oleh langkah-langkah positif untuk merancang, membungkus dan menetapkan harga secara lebih menarik kemudian menempatkannya pada saluran distribusi yang tepat dan menarik orang yang memerlukannya serta dapat menyakinkan mereka bahwa produk tersebut memiki kualitas yang lebih superior.

Selain sebagai barang tidak tahan lama, sabun mandi juga merupakan sebagai barang kemudahan yaitu barang yang pada umumnya sering dan segera dibeli oleh konsumen. Lagi pula pada saat pembelian, sabun mandi tidak memerlukan banyak usaha dalam memperbandingkannya serta dianggap sebagai bahan pokok yaitu dibeli konsumen untuk keperluan sehari-hari. Dewasa ini, persaingan antar sabun mandi dipasaran sangat ketat. Masyarakat mulai dihadapkan pada pilihan-pilihan jenis, merk, fungsi dan keunggulan serta kualitas dan harga yang beragam. Ketatnya persaingan menuntut kejelian dan kreativitas para produsen sabun mandi dalam memberi kebijaksanaan pada produk yang ia tawarkan. Hal ini membutuhkan pengetahuan manajemen dan pengetahuan mengenai keinginan pasar karena selain ikut menentukan keberhasilan suatu produk sabun mandi dalam bersaing dipasaran, pengetahuan mengenai keinginan pasar akan menjadi dasar bagi penciptaan suatu produk dan aktivitas penawaran yang mengikutinya.

Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian sabun mandi bagi konsumen, khususnya didaerah Wonogiri. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan studi pustaka dan penyebaran kuisioner kepada masyarakat Wonogiri yang dipilih secara acak.

Produk merupakan salah satu elemen yang terdapat dalam marketing manajemen dimana dalam penelitian ini produk yang dijadikan obyek penelitian adalah sabun mandi. Dalam aktivitas penawaran sabun mandi, terdapat faktor-faktor yang mengikutinya seperti jenis, fungsi dan keunggulan, kualitas, harga, bentuk dan kemasan, merk serta kegiatan promosi. Dari sini, penulis akan mencari tahu apa yang menjadi keinginan pasar yang pada akhirnya menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi mereka dalam memilih sabun mandi.

Jenis sabun mandi yang terdapat dalam penelitian ini didasarkan pada jenis sabun mandi yang dijual di pasaran yaitu sabun kecantikan, sabun kesehatan dan sabun bayi. Ketiga jenis sabun tersebut memiliki merk, harum, warna, bentuk dan kemasan yang beragam serta menawarkan fungsi dan keunggulan yang diikuti dengan kualitas serta harga yang beragam pula. Sementara itu, kegiatan promosi dilakukan melalui media-media informasi seperti media elektronik, media cetak dan sebagai sponsor dalam kegiatan masyarakat.

Berdasarkan hasil penelitian, jenis sabun mandi yang sering digunakan oleh responden adalah sabun kesehatan. Kualitas sabun mandi menjadi hal yang diperhatikan oleh kebanyakan responden dalam memilih sabun mandi. Sebagian besar responden menganggap bahwa dalam memilih sabun mandi perlu memperhatikan fungsi dan keunggulannya. Selain itu, merk bisa memberikan pengaruh pada pemilihan sabun mandi meskipun merk juga bisa menjadi faktor yang sama sekali tidak memberikan pengaruh dalam memilih sabun mandi. Sementara itu, klasifikasi merk yang menarik perhatian menurut responden yaitu merk yang mencerminkan keunggulan dan mudah diingat. Harum dan warna sabun mandi juga memiliki pengaruh meski berskala kecil. Sedangkan harum dan warna sabun mandi yang banyak menjadi pilihan responden adalah harum bunga dengan warna-warna terang pada sabunnya. Dalam memilih sabun mandi, bentuk sabun mandi tidak memberikan pengaruh dalam memilih sabun mandi. Untuk kegiatan promosi, media informasi yang dianggap efektif dalam kegiatan promosi pada sabun mandi adalah media elektronik dan bintang iklan yang digunakan dalam kegiatan promosi cukup berpengaruh dalam memilih sabun mandi. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih sabun mandi, khususnya di Wonogiri adalah jenis sabun mandi, kualitas dari fungsi dan keunggulan sabun mandi, merk sabun mandi, bintang iklan dalam kegiatan promosi pada sabun mandi serta harum dan warna sabun mandi.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis