Penulis Utama : Ferry Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis hubungan antara karakteristik konsumen dengan atribut produk pada Bus Patas Citra Adi Lancar Jurusan Yogyakarta –Tegal
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0299053-2003
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

PO Citra Adi Lancar (CAL) adalah perusahaan muda yang harus selalu mengetahui tanggapan konsumen terhadap atribut yang mereka tawarkan dan karakteristik apa saja yang mendasari penilaian mereka terhadap atribut tersebut. Hal ini akan membuat perusahaan dapat mengetahui atribut mana yang harus ditonjolkan kepada konsumennya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik konsumen (usia, pendidikan, pekerjaan dan penghasilan) dengan tanggapan mereka terhadap atribut produk bus patas CAL (harga, ketepatan waktu, pelayanan, fasilitas dan kenyamanan)? (2) Variabel manakah diantara karakteristik konsumen dan atribut produk bus patas CAL yang memiliki hubungan paling dominan? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara karakteristik konsumen dengan tanggapan mereka terhadap atribut produk bus patas CAL. (2) Untuk mengetahui variabel-variabel yang memiliki hubungan yang paling dominan diantara karakteristik konsumen dan atribut produk bus patas CAL. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Diduga terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik konsumen dengan tanggapan mereka terhadap atribut produk bus patas CAL. (2) Diduga derajat keeratan yang paling dominan adalah antara pekerjaan dengan atribut ketepatan waktu.

Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Pengambilan sampel dilakukan melalui dua metode, dengan menggunakan purposive sampling dan convenience sampling. Pengukuran tanggapan konsumen dengan menggunakan skala likert. Data yang terkumpul kemudian diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya untuk mengetahui seberapa cermat dan konsisten alat ukur yang digunakan. Kemudian dilakukan analisis deskriptif sebagai gambaran tanggapan konsumen terhadap atribut produk bus patas CAL dan analisis kuantitatif yang terdiri dari uji chi-square untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara karakteristik konsumen dengan tanggapan mereka terhadap atribut produk bus patas CAL, sedang koefisien kontingensi untuk mengetahui hubungan yang paling dominan diantara karakteristik konsumen dengan atribut produk bus patas CAL.

Hasil analisis deskiptif terhadap konsumen menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen bus patas CAL berusia 17-31 tahun (42%), berpendidikan tamat SLTA (48%), berprofesi sebagai pegawai swasta/wiraswasta (42%) dan memiliki tingkat penghasilan Rp.450.001-Rp.750.000 (58%). Hasil analisis deskriptif tanggapan responden terhadap atribut bus patas CAL menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen menyatakan harga tiketnya mahal (45%), ketepatan jadwal biasa saja (39%), pelayanannya cukup memuaskan (45%), fasilitasnya cukup lengkap (40%) dan perjalanan dirasakan cukup nyaman (48%). Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas, instrumen penelitian yang digunakan dinyatakan Valid dan Reliabel. Dari hasil analisis chi-square diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik konsumen dengan atribut produk bus patas CAL, walaupun tidak semuanya berhubungan. Diantara karakteristik konsumen dan atribut produk yang tidak berhubungan adalah usia dengan harga, usia dengan pelayanan, usia dengan fasilitas, pendidikan dengan fasilitas, pekerjaan dengan fasilitas, penghasilan dengan ketepatan waktu dan penghasilan dengan kenyamanan. Sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik konsumen dengan atribut produk terbukti, walaupun tidak semua berhubungan. Dari hasil koefisien kontingensi diketahui bahwa hubungan yang paling dominan adalah pendidikan dengan ketepatan waktu dengan selisih nilai C dengan Cmaks (0,386) terkecil. Sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa pekerjaan dengan ketepatan waktu memiliki hubungan yang paling dominan tidak terbukti.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti dapat memberikan beberapa saran kepada pihak manajemen CAL, yaitu melakukan promosi untuk mengurangi kesan mahalnya harga tiket dengan menawarkan penukaran 10 tiket dengan bingkisan menarik. Melakukan penambahan fasilitas seperti tissue di toilet dan selimut karena perjalanan ber-AC dan cukup lama sehingga akan mendukung rasa nyaman penumpang. Dalam hal ketepatan waktu manajemen harus menyusun sebuah jadwal keberangkatan yang pasti dari terminal dan mengevaluasi adanya keterlambatan sehingga konsumen tidak perlu menunggu terlalu lama di terminal. Dalam hal pelayanan manajemen dapat melakukan pelatihan dan training mengenai pelayanan yang baik kepada para petugas agen maupun kru bus. Untuk dapat selalu mengetahui tanggapan konsumen, pihak manajemen dapat melakukan survei berkala dengan menggunakan kuesioner/angket mengenai tanggapan konsumen terhadap atribut produk.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis